Pemkab Butur Ikuti Komsos yang Digelar Kodim 1429

0
747

LINTASSULTRA.COM | BUTUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) mengikuti acara Komunikasi Sosial (Kosmos) yang digelar oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 1429/ Butur yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kalisusu, Selasa (4/6/2024).

Kegiatan Kosmos tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Buton Utara (Butur) Dr. H. Muhammad Ridwan Zakariah, M.Si., Bersama Wakil Bupati Ahali, SH., MH., Komandan Kodim 1429 Butur Letkol Inf. Acuk Andrianto, Kapolres Butur AKBP Herman Setiadi, S.I.K., Para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta sejumlah pimpinan OPD dan masyarakat penerima santunan/bantuan sosial.

Dalam kesempatan itu, Bupati Butur mengucapkan terimakasih kepada seluruh Jajaran Kodim 1429 Butur yang suda menginisiasi kegiatan Kosmos bersama aparat pemerintah daerah dalam rangka menyikapi dampak perubahan iklim.

 

Ketgam: Bupati Butur Bersama Kodim 1942 Butur menyerahkan bingkisan kepada masyarakat penerima santunan/bantuan sosial.

Menurutnya, Komunikasi sosial sangat penting saat ini dilakukan. Sebab, kemajuan sebuah daerah sejalan dengan dinamika sosial yang berkembang selalu beriringan dengan masalah yang ditimbulkan.

“Makin banyak program pemerintah semakin banyak pulau tuntutan yang hadir dari masyarakat”. Ucapnya.

Selanjutnya, tuntutan masyarakat tidak pernah berhenti, kalau hari ini pemerintah daerah membangun jalan di suatu wilayah maka pasti muncul lagi masalah baru di wilayah lainnya, akibat merasa tidak kebagian pembangunan jalan.

“kalau Hal ini tidak dicermati dengan baik sama halnya kita membangun masalah baru, sebab dengan keterbatasan pemerintah daerah, maka untuk mengakomodir keinginan tidak dapat terpenuhi secara serentak”. Jelas Bupati Butur.

Dengan demikian, Ridwan Zakariah mengajak seluruh komponen pemerintah daerah agar mencermati dinamika sosial yang ada, sehingga program yang dihadirkan merupakan sebuah solusi, terutama dalam menyikapi masalah yang ada.

Ketgam: Wabub Butur Ahali, SH., MH., memberikan paket bingkisan kepada warga.

Ia juga, menjelaskan tentang dampak perubahan iklim. Apa bila intensitas hujan berkepanjangan, maka dampak yang muncul adalah Banjir dan tanah longsor, begitu pula kalau musim kemarau berkepanjangan tiba, maka debit air berkurang, sehingga menimbulkan kegagalan panen akibat kekeringan.

Pihaknya menyadari, bahwa permasalahan yang muncul ditengah masyarakat saat ini diakibatkan oleh anomali iklim yang sering terjadi akhir-akhir ini.

Selain perubahan iklim, ada beberapa isu yang menjadi perhatian bersama, terang Ridwan Zakariah. Terutama terkait isu stunting dan ketahanan pangan. Kedua isu tersebut dapat mempengaruhi Kualitas SDM dan Kesehatan masyarakat.

Keberadaan sektor pertanian sangat penting dalam mendukung pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat, dengan demikian komunikasi yang dibangun oleh jajaran Angkatan Darat sejalan dengan program pemerintah daerah. Tutup Ridwan Zakariah.

Disamping itu, Komandan Kodim 1429 Butur Letkol Inf. Acuk Andrianto, menjelaskan bahwa pihaknya menggelar Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah merupakan bagian dari metode pembinaan teritorial TNI AD untuk memelihara komunikasi dan menjalin silaturahmi.

Harapannya, Kosmos tersebut dapat menghasilkan pemikiran yang solutif dan inovatif dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat serta akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Acuk Andrianto menyebutkan, ada 5 program unggulan bidang teritorial yang menjadi fokusnya, yaitu TNI Manunggal Air, Ketahanan Pangan, Bersatu dengan Alam, Pendampingan dan Percepatan Stunting, serta Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan MCK merupakan arahan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.(*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here