Gendeng TNI dan Polri, Rutan Unaaha Geledah Hunian WBP

0
1271

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 dan Libur Lebaran idul fitri 1445 H, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Unaaha menggelar Operasi Penggeledahan (OP) Gabungan blok hunian WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan).

Penggeledahan ini melibatkan unsur Aparat Penegak Hukum (APH) dari Komando Rayon Militer (Koramil) 06 Unaaha dan Kepolisian Sektor (Polsek) Tongauna pada, Jumat (5/4/2024).

Penggeledahan blok hunian tersebut dipimpin oleh Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha, Hery Kusbandono, Bersama Danramil 06 Unaaha dan Kapolsek Tongauna. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan Rutan Unaaha Zero Halinar.

Sebelum melakukan penggeledahan menuju blok hunian diawali dengan arahan Apel SIaga Berantas Halinar dari Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha , Hery Kusbandono. Karutan menghimbau dan mengingatkan untuk tetap berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP).

‚ÄúDalam penggeledahan ini kita harus berpedoman pada SOP, jaga etika dalam melaksanakan penggeledahan kamar, dan tetap waspada,” ucapnya.Hery menerangkan bahwa razia gabungan sengaja dilakukan untuk memastikan lapas benar-benar aman dan kondusif dari barang-barang terlarang seperti narkoba dan alat telekomunikasi.

” Kalau sifatnya berat seperti alat komunikasi dan narkoba, maka dikenakan register pelanggaran berat. Yang bisa disanksi tidak diberikannya remisi dan hak asimilasi integrasi,” lanjutnya.

Adapun barang-barang hasil temuan penggeledahan, didapati sendok stainless, garpu, besi, senjata tajam rakitan dan berbagai barang-barang yang dilarang lainnya. Pelaksanaan giat berlangsung kondusif, penggeledahan dengan penerapan standar operasional prosedur dan sikap yang humanis.

Dijelaskannya bahwa razia gabungan juga sebagai wujud sinergitas Lapas Bondowoso dengan aparat penegak hukum (APH) sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Saut Poltak Silitonga. Pasalnya, ada tiga hal yang wajib dilakukan lapas antara lain deteksi dini, berantas narkoba dan sinergitas dengan aparat penegak hukum (APH). (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here