Puluhan Pasien Anak di BLUD RS Konawe Belum Dapatkan Ruang Perawatan

0
1122

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Jumlah pasien anak di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kabupaten Konawe meningkat drastis. Berbagai penyakit seperti Demam Berdarah (DBD), radang paru, diare, tipes, dan campak menjadi fokus penanganan. Pasien dewasa juga dirawat dengan kondisi seperti asam lambung dan demam.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) BLUD RS Konawe, Ns Supriadi, S.Kep, menjelaskan bahwa lonjakan pasien terutama terjadi pada pasien anak. Lebih dari dua puluh pasien anak masih belum mendapatkan tempat tidur, sedangkan tiga puluh pasien lainnya telah diberikan tempat. Beberapa pasien anak juga dititipkan di ruang pasien dewasa. Jumlah tempat tidur di rumah sakit mencapai lebih dari 200.

“Dalam Minggu terakhir, terdapat sekitar 10 pasien demam berdarah. Namun, tidak semuanya datang karena demam berdarah. Ada juga yang datang dengan keluhan diare. Saat ini, ada sekitar 39 orang yang belum mendapatkan ruangan. Di IGD, ada 25 tempat tidur dengan tambahan 10 tempat tidur darurat. Selain itu, ada juga yang ditempatkan di kursi,” ungkapnya.

Supriadi menambahkan bahwa sebagai antisipasi, ruangan yang biasanya digunakan untuk bersalin dimodifikasi menjadi tempat penitipan pasien umum. Semua ruang bersalin digabungkan menjadi satu, tempat menitipkan pasien anak dan dewasa yang belum mendapatkan kamar. Namun, pasien yang mengidap penyakit menular tetap diisolasi.

“Kami memodifikasi ruang bersalin untuk menampung pasien umum yang belum mendapatkan kamar. Pasien yang menular tetap diisolasi,” jelasnya.

Rumah sakit telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memanfaatkan puskesmas yang ada. Pasien yang masih dapat dirawat di puskesmas ditangani di sana, kecuali jika membutuhkan spesialis atau pemeriksaan laboratorium, baru dirujuk ke BLUD Kabupaten Konawe. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here