Pastikan Kesiapan Pengawasan Pemilu, Bawaslu Konawe Gelar Bimtek PKD

0
2028

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Konawe menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-kabupaten Konawe pada pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Senin (5/1/2023).

Sebanyak 348 PKD Se-kabupaten Konawe hadir dalam kegiatan bimtek ini.

Anggota Bawaslu Kabupaten Konawe, Restu mengatakan, Bimtek PKD ini dalam rangka persiapan menghadapi pengawasan menjelang hari pemungutan suara.

Restu juga menegaskan, PKD se-kabupaten Konawe agar menjaga integritas serta kesehatan karena tahapan semakin dekat dengan hari pemungutan suara.

“Saya minta kawan-kawan jaga integritas, jaga kesehatan, dan tidak bolah meninggalkan wilayah tugasnya, tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Konawe, Abulda mengatakan, PKD se-kabupaten Konawe harus dapat menjalankan tugas, wewenang dan tanggung jawab sesuai Undang – undang 7 tahun 2017.

“Kalau kawan-kawan PKD sudah pahami tugas, wewenang, dan tanggung jawab maka, kalian tidak akan kaku untuk mengambil putusan nanti di lapangan pada saat melakukan pengawasan,” ujarnya

Abuldan mengharapkan, setelah mengikuti bimtek, PKD dapat menyampaikan informasi kepada Pengawas Tempat pemungutan suara (PTPS).

“Sekembalinya dari sini, kawan dapat menyampaikan informasi di bimtek ini kepada PTPS. supaya PTPS ini, pada saat berhadapan dengan saksi maupun KPPS tidak ada keraguan dalam mengambil keputusan,” harapnya.

Diketahui, Narasumber dalam bimtek ini yakni Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara Periode 2018-2023 Munsir Salam, Sabaddin Sinapoy, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Konawe Abuldan. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here