Harmin Ramba Tinjau Titik Nol Pembangunan Jalan Latoma-Routa

0
539

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Hanya dalam 25 hari menjabat sebagai Penjabat (PJ) Bupati Konawe, Harmin Ramba telah menunjukkan dedikasinya sebagai kepala daerah di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menariknya, Harmin yang dilantik Senin 25 September 2023 oleh PJ Gubernur Sultra ini memboyong Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Konawe melakukan kunjungan kerja atau bertatap muka langsung dengan Warga yanga ada di Kecamatan Routa, sejak 20 hingga 22 Oktober 2023.

PJ Bupati Konawe juga mengunjungi semua wilayah di Kecamatan Routa, termasuk melakukan peninjauan untuk rencana pembangunan jalan penghubung Kecamatan Routa-Latoma di Desa Puuwirano.

Salah satu warga yang ada di Desa Tanggola Jumalakassa yang menyambut para rombongan mengatakan bahwa kehadiran PJ Bupati Konawe Harmin Ramba beserta rombongan bagaikan malaikat yang dikirimkan tuhan di Kecamatan Routa.

Pasalnya, sejak dirinya berada di Kecamatan Routa, khususnya di Desa Tanggola ini, baru Harmin Ramba satu satunya Bupati Konawe yang menginjakan kaki di Desa Tanggola. Bahkan, ia membawa para OPD lingkup Pemda Konawe dan juga Forkopimda.

“Kehadiran bapak Bupati Konawe pak Harmin Ramba ditengah-tengah masyarakat khususnya di Desa Tanggola ini bagaikan malaikat yang dikirimkan tuhan. Semoga kehadiran bapak di kampung kami ini bisa membawa perubahan khususnya pembangunan infrastruktur. Kami sangat harapkan itu pak Bupati,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan harapan untuk mendapatkan Sertifikat Hak Atas Tanah (SKT) atas tanah yang telah mereka kelola selama bertahun-tahun. Mereka berpendapat bahwa memiliki tanah adalah bagian dari kemerdekaan yang mereka raih, dan mereka berharap pemerintah dapat membantu dalam hal ini.

Selanjutnya, untuk sampai ke Desa Tanggola ini perlu perjalanan sangat panjang dan adrenalin juga sangat menantang. Ia meminta kepada pemerintah Konawe untuk mencari solusi perbaikan infrastruktur seperti jembatan yang dibangun supaya aksesnya bisa dekat dari ibu kota Kecamatan.

Supaya, lanjutnya, harga pupuk dan bahan pokok bisa terjangkau, karena apabila masih menggunakan jalan yanga ada sekarang itu warga sangat kesulitan, akibatnya, bahan bakar seperti bensin yang biasanya di beli seharga Rp 13 ribu, itu kalau sudah di Desa Tanggola sudah seharga Rp 18 ribu, begitupun beras dan lainnya.

“Disebelah itu pak, harga pupuk Rp 19 ribu. Sampai disini itu sebesar Rp 42 ribu. Jadi bagaimana kami mau sejahtera. Kami inginkan, setelah pak Bupati memprogramkan jalan, kami ingin segera di bangunkan jembatan juga pak, kemudian tanah-tanah yang telah kami kelola puluhan tahun bisa diberikan SKT supaya tidak dipersoalkan oleh teman-teman kehutanan,” pungkasnya.

Sementara itu PJ Bupati Konawe Harmin Ramba mengatakan, sengaja ia membawa para OPD dan Forkopimda ke Kecamatan Routa, tujuannya guna melihat secara langsung kondisi infrastruktur dan mendengar secara langsung apa yang menjadi keluhan warga.

“Saya sengaja membawa kepala dinas terkait agar bisa melihat dan mendengar langsung apa yang menjadi keluhan warga, bukan menunggu laporan kepala desa. Termasuk teman teman Forkopimda,” katanya.

Bupati juga berjanji akan membangun infrastruktur penting lainnya di Routa, termasuk jaringan internet, penyediaan air bersih, penerangan, dan pengaspalan jalan. Salah satu proyek strategis yang diungkapkan adalah pembangunan jalan antara Latoma – Routa, yang akan membantu menghubungkan wilayah tersebut.

“Itu semua akan kita antisipasi sebelum permasalahan lingkungan hidup lebih besar. Tetapi yang paling strategis adalah pembangunan jalan antara Latoma ke Routa kurang lebih 109 kilometer,” jelasnya.

Di Desa Tanggola, PJ Bupati Konawe menggelontorkan bantuan anggaran untuk pengelolaan dana BUMDES sebesar Rp 200 juta. Dana awal ini nantinya akan di kelola oleh BUMDES Desa Tanggola.

Perlu diketahui, selama berada di Kecamatan Routa PJ Bupati Konawe Harmin Ramba mengunjungi semua wilayah yang ada di Kecamatan Routa untuk melihat secara langsung kondisi wilayah setempat.

Dalam kunjungan perdana ini, dirinya bersama Forkopimda dan dinas terkait juga melakukan peninjauan titik nol rencana pembangunan jalan penghubung Kecamatan Routa – Latoma di Desa Puuwirano.

Untuk mempermudah para ASN dan PPPK dan masyarakat di Routa dalam proses transaksi keuangan (tarik tunai dan menabung), PJ Bupati Konawe akan meminta ke Bank Sultra untuk menyediakan layanan, minimal kantor kas BPD.

Diketahui, kedatangan PJ Bupati di Kecamatan Routa ini juga membagikan bantuan beras kepada 264 Kepala Keluarga. Kata dia, bantuan ini diberikan untuk menekan laju inflasi akibat dampak dari kemarau panjang yang melanda daerah ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here