Mahasiswa Andalas Ciptakan Media Ajar Inovatif di SLBN I Padang

0
1310

LINTASSULTRA.COM | PADANG – Sebanyak lima Mahasiswa Universitas Andalas mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di bidang Pengabdian Masyarakat (PM).

 

Lima orang tersebut tergabung dalam satu tim yang diketuai oleh Dede Ismail mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2020 dan beranggotakan M. Qolbi Al-Zikri (Teknik Elektro, 20), Yumna Khairiyah Riviani (Teknik Lingkungan, 20), Kevin Imam Satria (Teknik Elektro, 21), dan Heru Kurniawan (Teknik Elektro, 20).

 

Tim ini menjalin kerja sama dengan Sekolah Luar Biasa Negri 1 Padang (SLBN 1 Padang) dan melucurkan program yang bertujuan menghasilkan pembelajaran yang inovatif dan berpusat kepada siswa tunagrahita dalam mengenal angka dan huruf.

 

Program yang dilaksanakan diberi nama ARUNIKA. ARUNIKA berisikan beberapa kegiatan untuk pendekatan kepada siswa dan implementasi media ajar yang menarik dan inovatif berupa puzzle, sarung tangan yang terintegrasi dengan flex sensor, dan tembaga yang dibuat berupa angka yang disebut dengan wire game.

 

 

“Program ARUNIKA ini diharapkan dapat membantu para siswa tunagrahita dalam mengenal angka dan huruf serta lebih meningkatkan keinginan para siswa untuk belajar” sebut Dede.

 

Ia juga mendapat pesan dari para guru di SLBN 1 Padang, bahwa para siswa ini memiliki kelemahannya masing-masing sehingga dalam pelaksanaan program haruslah sabar dan memahami karakter masing-masing siswa.

 

Pelaksanaan program ini telah dimulai dari bulan Juni 2023, dimulai dengan tahap perencanaan dan menyusun jadwal program yang akan dilaksanakan. Sehingga, pada 18 Juli 2023 dilaksanakan sosialisasi dengan guru-guru SLBN 1 Padang dan turut dihadiri oleh Kepala Sekolah SLBN 1 Padang yaitu Mul Mulyadi, S. Pd.

 

Pada sambutan yang disampaikan Kepala Sekolah SLBN 1 Padang, ia menyampaikan bahwa program ini sangat baik untuk dilaksanakan dan bangga melihat mahasiswa memiliki kepedulian terhadap siswa yang ada di SLBN 1 Padang. “Saya selaku Kepala Sekolah mewakili para guru mendukung penuh program yang Ananda laksanakan dan turut bangga melihat mahasiswa memiliki kepedulian terhadap siswa-siswa kami,” Pungkasnya.(Red/LS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here