Sekda Butur Lantik Suhuniy Sebagai Pejabat Kepala Desa Lapandewa

0
2133

LINTASSULTRA.COM | BUTUR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utara (Butur) Mohammad Hardhy Muslim, SH. M. Si mengatakan, seorang Kepala Desa (Kades) yang merupakan ujung tombak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus mampu menciptakan suasana yang aman dan kondusif di tengah masyarakatnya.

Pernyataan tersebut disampikan Sekda Butur dalam pidatonya usai melantik Suhuniy, S.Pd sebagai Pejabat Kepala Desa Lapandewa Kecamatan Kulisusu Barat di Kantor Desa, Selasa (19/9/2023).

Menurut Sekda, selaku Aparatur Sipil Negara (ASN), pejabat Kades yang dilantik adalah merupakan tugas tambahan untuk mengisi kekosongan jabatan Kades sebelumnya yakni Muh. Ashar, SE yang telah meninggal dunia beberapa bulan lalu.

Ketgam: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utara (Butur) Mohammad Hardhy Muslim, SH. M. Si saat melantik Suhuniy, S.Pd sebagai Pejabat Kepala Desa Lapandewa Kecamatan Kulisusu Barat di Kantor Desa, Selasa (19/9/2023).

Dikatakan, tugas Kades adalah menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sosial kemasyarakatan. Dalam pelayanan sosial kemasyarakatan tersebut, seorang Kades dituntut agar mampu merangkul dan bekerjasama dengan seluruh elemen organisasi kemasyarakatan yang ada di desa.

 

Dengan pola atau pendekatan itulah sehingga dapat tercipta suasana yang aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut sangat diharapakan oleh masyarakat diera keterbukaan seperti sekarang ini. “Bu desa ?, saya tidak mau dengar dan tidak mau ketahui kalau ada kekisruhan di desa akibat ketidak mampuan kepala desa mengatasi masalahnya di desa,” tegas Sekda.

 

Selain itu kata Sekda yang juga mantan Camat Kulisusu Utara dan Kepala Inspektorat di priode pertama bupati Ridwan Zakariah tersebut, kepala desa tidak boleh jalan sendiri tetapi harus berkoordinasi dan konsultasi dengan camat dalam urusan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sosial kemasyarakatan.

Ketgam: Suasana pelantikan Suhuniy, S.Pd sebagai Pejabat Kepala Desa Lapandewa.

“Camat adalah atasan langsung kepala desa sehingga wajib hukumnya untuk melakukan koodinasi dengan camat dalam urusan pemerintahan di desa, termasuk pergantian aparat jika ada yang memungkinkan untuk diganti,” tegas Hardhy Muslim.

 

Diakhir sambutannya Sekda mengatakan, koordinasi adalah hal yang sangat penting dalam urusan pemerintahan desa. Kemudian kepala desa tidak boleh jalan sendiri dan harus bekerja sesuai aturan dan perundangan-udangan yang berlaku sehingga diakhir jabatan nanti meninggalkan kesan yang bagus serta terhindar dari masaala hukum.

Dalam agenda pelantikan itu, Sekda didampingi oleh Asisten ekonomi dan pembangunan Setda Butur Sahrun Akri, SP. M.Si, Kepala Dinas PMD Moh. Amaluddin Mokhram, SS. M. Si, Camat Kulbar, Roman, SE. M. Ap, Kapolsek Iptu Anwar, Kabag Pemerintahan La Muda, Kabag pembangunan Garni, Kabag umun Asrif Atmin dan sejumlah staf pemerintah kecamatan dan aparat pemerintah desa Lapandewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here