Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhalu Gelar Program Lugas Berstamina di Soropia

0
1277

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo (Unhalu) menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat di Desa Bajo Indah, Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe.

 

Kegiatan yang bertema ‘Program Keluarga Sehat Bebas Obesitas, Stunting, dan Anemia (Lugas Berstamina)’ tersebut dilaksanakan di Balai Desa Bajo Indah, Sabtu (9/9/2023).

 

Ketua Tim pelaksana Lugas Berstamina, Ramadhan Tosepu dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu tanggungjawab institusi pendidikan dalam mencerdaskan masyarakat khususnya dalam program penurunan stunting.

 

Sehingga, lanjut Ramadhan Tosepu, kegiatan yang dilaksanakan saat ini akan menjadi kegiatan yang terus menerus dilakukan dan akan menjadi contoh bagi pemerintah dalam menurunkan stunting di indonesia.

 

“Program Lugas Berstamina membarikan edukasi pada masyarakat yang berorientasi pada pemahaman menata dan membina masyarakat. Pemenuhan isi piring yang memenuhi kecukupan pangan, seperti pangan lokal,” Ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala puskesmas soropia, Jusmina, menyampaikan bahwa edukasi tentang penurunan stunting akan menambah wawasan dalam peningkatam derajat kesehatan di wilayah Kecamatan Soropia.

 

Ia berharap dukungan para kader sangat membantu menyukseskan program tersebut. Ia juga menjelaskan, pemerintah saat ini telah berupaya menurunkan stunting dan itu dijalankan dengan baik.

 

“Terdapat empat lokus stunting yang menjadi perhatian pemerintah di Kecamatan Soropia, yaitu di Desa Sorue, Leppe, Mekar, dan Desa Soropia,” Katanya.

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Bajo Indah, Subohan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Karena menurutnya program itu sangat penting bagi kader yang ada di desa Bajo Indah untuk menambah wawasan tentang pentingnya penurunan angka stunting. Ia juga menyampaikan kepada para kadernya agar selalu menjaga kesehatan.

 

“Kami ucapkan terimakasih kepada tim dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhalu yang telah memberikan edukasi kepada warga, kami berharap agar kegiatan ini terus berlanjut,” Ucap Subohan.

Ditempat berbeda, Tim Edukator, Hartati Bahar saat melakukan edukasi di SD N Bajo Indah tentang jajanan sehat pada siswa menjelaskan beberapa makanan sehat yang layak dikonsumsi.

 

“Pinggang adiantaku ‘isi piringku’ (bahasa bajo) memuat informasi tentang pentingnya memakan makanan yang bergizi dan menyadari¬†sehat itu penting,” Jelas Hartati saat memberikan edukasi kepada siswa.

 

Perlu diketahui, saat ini pemerintah berupaya menurunkan stunting, dengan target capaian nasional 14% di tahun 2024, maka kerjasama antar berbagai sektor akan semakin mempercepat capaian tersebut. (Red/LS).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here