Kejuaraan Tarkam 2023 di Konawe Resmi Dihelat

0
683

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI secara resmi meluncurkan Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) 2023 yang berpusat di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

 

Pelaksanaan kejuaraan ini dimulai dengan upacara pembukaan yang digelar di halaman Kantor Bupati Konawe pada Rabu (30/8/2023). Acara ini diawali dengan defile peserta Tarkam yang memeriahkan suasana.

 

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten Deputi Pembudayaan Olahraga Masyarakat Kemenpora RI, Suryati, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, Pabung Konawe Letkol inf. Azwar Dinata, Ketua KNPI Kabupaten Konawe, Ilham Syaputra Jaya, dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

 

Dalam ajang Kejuaraan Tarkam di Konawe ini, terdapat tiga cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yaitu atletik 80 meter, bola voli putri, dan bulu tangkis. Kegiatan ini menunjukkan semangat kebersamaan dan antusiasme masyarakat dalam menggelar acara olahraga di daerah.

 

Ketua Panitia Liga Tarkam, Jahiudin, menyampaikan keseluruhan persiapan telah dilakukan dengan baik guna memastikan kesuksesan acara ini. Dengan beragam cabang olahraga yang akan diperlombakan, diharapkan Tarkam 2023 menjadi panggung bagi para atlet dari berbagai kampung di Konawe untuk memperlihatkan prestasi dan semangat olahraga yang tinggi.

 

Kejuaraan Tarkam 2023 ini tak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga merupakan kesempatan untuk mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat melalui olahraga.

 

“Dengan berpartisipasi dalam ajang ini, diharapkan masyarakat semakin peduli terhadap pentingnya gaya hidup sehat dan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh serta semangat berkompetisi secara positif,” tutup Jahiuddin yang juga Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dismudorapar) Konawe.

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan, mengimbau seluruh peserta yang ikut serta dalam kejuaraan ini untuk menjaga dan mengedepankan sportifitas. Kata dia, kegiatan olahraga memiliki tujuan lebih dari sekadar memenangkan perlombaan, tetapi juga untuk membangun semangat sportifitas yang kuat di antara peserta.

 

Dalam sambutannya, Ferdinand Sapan menegaskan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai fair play, rasa saling menghargai, dan keberanian dalam menerima hasil baik kemenangan maupun kekalahan.

 

“Saya mengajak seluruh peserta untuk menjunjung tinggi semangat sportifitas. Kita harus mampu bersaing dengan fair dan menjaga sikap yang sportif dalam setiap pertandingan,” ungkap Sekda Ferdinand.

 

Menjaga sportifitas bukan hanya tanggung jawab para atlet, tetapi juga merupakan cerminan dari kualitas karakter masyarakat daerah. Dengan memprioritaskan sportifitas, kejuaraan Tarkam tidak hanya menjadi ajang untuk mengukur kemampuan fisik, tetapi juga kesempatan untuk membentuk kepribadian yang positif.

 

“Saya berharap bahwa semangat sportifitas ini dapat tercermin dalam setiap aksi dan sikap kita, baik di dalam maupun di luar arena pertandingan. Ini adalah peluang kita untuk menunjukkan bahwa olahraga tidak hanya soal kemenangan, tetapi juga bagaimana kita bersama-sama merayakan semangat persatuan dan gotong royong,” tambah Sekda.(*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here