Bupati Konawe Lepas 124 Kontingen Pramuka Rainas XII

0
1904

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa secara resmi melepas 128 Kontingen Pramuka peserta Raimuna Nasional (Rainas) ke-XII yang digelar di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Senin (7/8/2023).

124 peserta Kontingen yang secara resmi dilepas Bupati Konawe diantaranya 51 orang peserta pramuka Penegak dan Pandega putra dan putri, 68 anggota peserta dewasa.

Bupati Konawe dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka, kegiatan Raimuna Nasional XII tahun 2023 bertujuan menjaga persatuan dan kesatuan dalam merawat kelestarian budaya, meningkatkan kesadaran tekhnologi, pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), serta memaksimalkan kebermanfaatan pramuka baik itu Penegak atau Pandega dalam lingkup pengabdian masyarakat.

Ketgam: Bupati Konawe saat memberikan sambutan dalam upacara pelepasan peserta Kontingen Rainas asal Konawe ke Cibubur.

“Sehingga, dengan demikian dapat mewujudkan prinsip pembinaan bagi pramuka Penegak dan Pandega dalam aspek mental, fisik, intelektual, spritual dan sosial yang diaplikasikan dalam bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat agar menjadi pemuda pemudi yang tangguh dan bertanggung jawab,” Ujar bupati dua periode di Konawe tersebut.

Lanjut pria yang akrab disapa KSK, Rainas merupakan ajang yang bergengsi di Indonesia, karena acara lima tahunan tersebut sangat diminati semua pramuka Penegak dan Pandega se Indonesia.

Ia juga menyampaikan, seluruh peserta Rainas wajib bersyukur karena terpilih menjadi pramuka Penegak dan Pandega mewakili Kabupaten Konawe.

“Saya berharap, kontingen kwartir cabang Konawe sekembalinya kalian nanti dapat menginspirasi dapat memotivasi teman-teman pramuka yang lain,” Tutur Kery.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu juga berpesan agar seluruhbpeserra Rainas dapat menjaga sikap prilaku dan nama baik daerah dengan menanamkan nilai budi pekerti yang luhur senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan kontingen lainnya, serta menjaga kekompakan diantara seluruh kontingen.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Konawe sekaligus Majelis Pembimbing Cabang, saya mengucapkan selamat mengemban tugas. Bawa dan selalu jaga nama baik Kabupaten Konawe,” Tandasnya.

 

Ketgam: 128 peserta Kontingen Pramuka Raimuna Nasional (Rainas) ke-XII.

Usai memberikan sambutan, Bupati Konawe kemudian menyerahkan jaket kontingen secara simbolis kepada peserta Rainas XII 2023.

 

Perlu diketahui, turut hadir dalam upacara pelepasan peserta Kontingen Pramuka Rainas XII yakni, Ketua Kwarca Konawe Pince Sonaru, Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, Ketua DPRD Konawe Ardin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan seluruh Kepala OPD lingkup Pemkab Konawe.(Red/Inal).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here