Bupati Konawe Beri Bantuan Beasiswa Kepada Ratusan Mahasiswa Unilaki

0
910

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) menghadiri penyerahan bantuan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk ratusan mahasiswa Universitas Lakidende (Unilaki), Selasa (25/7/2023).

 

Seremoni yang berlangsung di aula kampus dihadiri langsung Rektor Unilaki, Prof. Dr. Hj. Rostin, dekan dan seluruh civitas academica. Turut hadir juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Lakidende Razak Porosi, Hj. Siti Aminah Razak Porosi.

 

Jumlah bantuan beasiswa yang diserahkan Bupati Konawe tahun ini senilai Rp250 juta. Jumlah tersebut untuk jatah 100 mahasiswa.

 

Rektor Unilaki mengungkapkan, bantuan beasiswa dari pemerintahan KSK untuk mahasiswanya sudah berlangsung tiga tahun terakhir.

 

Tahun 2021 bantuan beasiswa yang diberikan senilai Rp125 juta untuk 66 mahasiswa. Kemudian, tahun 2022 Pemkab Konawe kembali memberikan bantuan beasiswa senilai Rp250 juta untuk 100 mahasiswa.

 

“Alhamdulillah, tahun ini bapak bupati kembali memberikan bantuan Rp250 juta untuk 100 mahasiswa. Sehingga total bantuan beasiswa dalam tiga tahun terakhir mencapai Rp625 juta untuk 266 mahasiswa,” terangnya.

 

Prof. Rostin menjelaskan, bantuan beasiswa kali ini akan diperuntukan kepada mahasiswa semester IV, VI dan VIII. Kata dia, untuk semester VIII, beasiswa diberikan untuk membantu mahasiswa dalam KKN dan tugas akhirnya.

 

Selain itu lanjut Rostin, program bantuan beasiswa Pemkab untuk Unilaki akan tetap berkesinambungan. Kata dia, KSK telah berjanji untuk kembali menganggarkan program beasiswa tersebut untuk tahun 2024.

 

“Orang hebat itu kadang tidak butuh gelar. Dan inilah yang ditunjukan pak bupati. Beliau sering merendah dan bilang tidak punya gelar apa-apa. Tapi bagi saya beliau adalah orang hebat, karena saya yakin beliau banyak menguasai ilmu dan memberi manfaat bagi banyak orang dengan posisinya saat ini,” jelasnya.

 

Sementara itu KSK dalam sambutannya kembali menegaskan kalau pendidikan itu sangat penting. Ia sendiri yang bahkan tidak memiliki gelar, serasa ingin kembali kuliah.

 

“Makanya saya tekankan kepada para mahasiswa untuk selesaikan kuliah dan bangun daerah kita,” ujarnya.

 

Bupati dua periode itu mengungkapkan, tahun ini anggaran pendidikan di Konawe mencapai 21 persen dari APBD. Pihaknya akan berusaha menggenjot agar anggarannya bisa sampai 23 persen tahun depan.

 

“Komitmen kita, Unilaki diharapkan bisa menghasilkan menghasilkan alumni berkualitas. Kita upayakan ke depannya supaya kita bisa kasi beasiswa S2 juga,” janjinya disambut riuh tepuk tangan.

 

Pada kesempatan itu KSK juga menyampaikan kepada civitas academica bahwa dirinya akan memberikan tambahan bantuan beasiswa senilai Rp100 dari pribadinya.

 

“Kemudian untuk perbaikan aula kampus, bu rektor nanti saya bantu Rp50 juta. Nanti tanggal 7 bulan depan insya Allah,” pungkasnya.(Red/Admin).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here