Pelajar SMPN 1 Kendari Tampil Memukau di Lotus Festival Amerika Serikat

0
622

LINTASSULTRA.COM | KENDARI – Pelajar SMP Negeri 1 Kendari mengharumkan nama negara di pentas Internasional. Para pelajar tersebut tampil memukau pada salah satu event dunia yakni Lotus Festival di Los Angeles, Amerika Serikat yang digelar 15 – 17 Juli 2023.

 

Dalam festival tersebut, siswi SMP Negeri 1 Kendari yakni Vania Nathania Elisa, Aira Dublin Hugua, Aulya Aura Putri Johansyah dan Erlita Nindyana Nurdin mewakili Indonesia menampilkan pertunjukan seni budaya otentik khas Tanah Air.

 

Para penari terbaik daerah dengan begitu lincah mengundang kekaguman para penonton yang memadati panggung utama Lotus Festival 2023.

 

Diketahui, salah satu Siswi SMPN 1 Kendari yakni Vania Nathania Elisa adalah putri dari Ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang.

 

Sambil duduk lesehan, para penonton semakin kagum dengan tarian Balumpo yang ditampilkan penari cantik asal Sulawesi Tenggara (Sultra). Delegasi tari daerah ini tak hanya menampilkan seni tari, seperti Tari Wetina, Tari Balumpo, dan Tari Lulo saja. Mereka juga menampilkan beragam busana khas Sulawesi Tenggara, yang dikemas dalam fashion show.

 

“Luar biasa, bangga sekali saya memiliki darah dan ikatan batin dengan Indonesia,” ujar Clarisa, salah satu penonton yang tampak antusias saat pertunjukan berlangsung.

 

Sukses pelajar SMP Negeri 1 Kendari menghibur pengunjung Lotus Festival mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, Hj. Saemina. la bangga, generasi muda Sultra khususnya Kota Kendari mampu unjuk bakat di pentas internasional.

 

“Kami sangat bangga pelajar dari Kota Kendari bisa tampil pada event internasional. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat mereka untuk terus menempa diri dengan kreativitas dan pendidikan akademik sehingga mereka bisa tumbuh menjadi generasi sehat dan cerdas,” kata Saemina, Jumat 21 Juli 2023.

 

Sekedar informasi, Lotus Festival merupakan pagelaran tahunan menjelang musim panas dan dimulai sejak tahun 1972. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan pemahaman tentang kontribusi orang-orang Asia dan Kepulauan Pasifik kepada komunitas lokal dan sekitarnya.

 

Di samping pertunjukan seni budaya, terdapat juga Paviliun Indonesia yang mempromosikan berbagai macam produk asli Indonesia melalui ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) Los Angeles, produk UMKM Provinsi Sultra, dan Kamar Dagang Industri (Kadin) Sultra, sekaligus menjadi ajang informasi budaya, sosial dan berbagai produk strategis lainnya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here