Pelabuhan Fery Amolengu – Labuan Dapat Tambahan Satu Unit Kapal

0
1751

LINTASSULTRA.COM | BUTUR – Mengantisipasi membludaknya pengguna jasa transportasi penyebrangan Amolengu Konawe Selatan – Labuan, Buton Utara, ASDP mendatangkan satu unit kapal Fery.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buton Utara (Butur) Tayeb, S. Ip. MM kepada awak media saat memeriksa kondisi kapal di pelabuhan Fery Labuan, Rabu (5/7/2023) menjelaskan, KMP Kambaniru yang melayani rute Labuan Amolengu itu didatangkan dari Kalimantan.

 

Sebelumnya kapal tersebut melayani kebutuhan transportasi masyarakat pada penyebrangan Kariango – Panajam Kalimantan Timur.

 

Menurut Tayep, kedatangan KMP Kambinaru tersebut tidak mudah tetapi melalui perjuangan panjang yang dilakukan pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Butur Dr. Muh. Ridwan Zakariah, M. Si melalui Dinas Perhubungan.

 

“Sebelum kapal datang kami melakukan kosultasi dan koodinasi dengan pihak ASDP. Setelah itu bupati meminta dalam bentuk surat melalui Dinas Perhubungan, itupun dua kali baru disahuti,” ujar Tayeb.

 

Saat ini KMP Kambinaru tersebut telah berlabuh di dermaga fery Labuan. Rencanya Jum’at, 7 Juli akan beroperasi dengan rute perdana bertolak dari pelabuhan Amolengu menuju Labuan pergi pulang.

 

Dijelaskan, dengan tambahan satu unit kapal tersebut, maka saat ini rute penyebrangan Amolengu – Labuan telah dilayani tiga kapal yakni, KMP Semumu, Rajawali dan KMP Kambinaru.

 

Karena itu, harapan dan keluhan masyarakat pengguna jasa penyebrangan segera teratasi. “Insya allah tidak akan ada lagi antrian panjang penumpang yang membawa kendaraan roda dua dan empat seperti biasa khususnya menjelang dan sesuda pada hari-hari besar keagamaan maupun perayaan dan kegiatan pemerintah provinsi lainnya,” ujar Tayep.

 

Ditambahkan, kapasitas atau daya angkut KMP Kambinaru bisa muat 20 sampai 35 kendaraan roda empat dan enam. (Red/Ton).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here