Rutan Kelas IIB Unaaha Gelar Skrining Hepatitis C

0
1461

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Unaaha menggelar Skrining atau pemeriksaan Hepatitis C terhadap ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (SBP), Selasa (27/6/2023).

 

Kegiatan tersebut melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe yang berlangsung di Aula Rutan Unaaha. Skkrining Hepatitis C yang dilakukan tersebut merupakan upaya dari Rutan Kelas IIB Unaaha untuk mendeteksi dini potensi gangguan kesehatan atau penyakit tertentu seperti hepatitis sehingga dapat mencegah potensi penularan penyakit.

 

“Skrining ini sebagai salah satu upaya preventif dalam mencegah penyakit menular, skrining adalah salah satu upaya dalam mendeteksi sejak dini kemungkinan adanya penyakit,” Ujar Karutan Unaaha, Herianto.

 

Lanjut Herianto, hal tersebut juga merupakan upaya Rutan Unaaha dalam mencegah kebersihan lingkungan. “Kegiatan ini menjadi sebuah bentuk kepedulian dan fokus kami pada pelayanan kesehatan bagi warga binaan. Giat ini juga menjadi tolak ukur tim medis dalam mendata kesehatan warga binaan dan diberikan juga penyuluhan kesehatan untuk dapat dipahami.” jelas Herianto

 

 

Selain itu, Karutan menjelaskan, selain melakukan skrining, Dinkes Konawe juga memberikan penyuluhan penyuluhan kesehatan terkait penyakit Hepatitis C kepada warga binaan baik itu gejala, penyabab dan cara pengobatannya.

 

Sementara itu, Tim Skrining Dinkes Konawe, Muhammad Hasrin menuturkan pihaknya hanya menjangkau 100 orang WBP untuk mengikuti Skrining karena keterbatasan fasilitas.

 

” Kita sedang menggungu alat yang akan di kirim dari pusat sehingga nantinya kita akan mengadakan skiring lanjutan saat alat tiba jadi seluruh WBP di Rutan Unaaha ini bisa diskiring,” Pungkasnya.(Red/Admin).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here