Disnakeswan Konawe Salurkan Bibit Pakan Ternak

0
834

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya meningkatkan produksi ternak sapi.

 

Salah satu yang menjadi program unggulan Disnakeswan Konawe selain Inseminasi Buatan (IB), Disnakeswan juga saat ini gencar-gencarnya menyalurkan bibit rumput untuk pakan ternak kepada peternak.

 

Kepala Disnakeswan, Jumrin menuturkan, pihaknya teeus melakukan edukasi kepada para peternak untuk menanam rumput jenis Raja dan Gajah.

 

Kata dia, setiap peternak harus menanam rumput tersebut karena menurutnya, rumput yang telah disalurkan bibitnya merupakan rumput yang berkualitas serta mempunyai banyak manfaat.

 

 

“Banyak petani yang sudah merasakan manfaatnya,” Katanya.

 

Lanjut Jumrin, walau pihaknya melakukan penekanan kepada peternak untuk menanam rumput, namun masih banyak kendala yang ditemui.

 

Jumrin menjelaskan, pihaknya belum dapat memaksimalkan pembagian bibit rumput karena keterbatasan anggaran. Selain itu, masih banyak pula peternak yang pemahamannya masih kurang akan asas manfaat menanam pakan ternak tersebut.

 

Jumrin juga mengungkapkan, pihaknya masih terus melakukan pengawasan kepada peternak. “Harus orang profesional yang menangani hal seperti ini, dan kami juga masih mengawasi,” Ujarnya.

 

Masih kata Kepala Disnakeswan, pihaknya juga tak asal menyalurkan bibit rumput unggulan tersebut, karena bibit tersebut harus ditangani oleh para peternak yang benar-benar serius beternak.

 

“Walau ada kendala, tapi sekarang banyak juga peternak yang sudah faham,” Pungkasnya.(Red/Inal).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here