Kades Puuloro Paparkan Kondisi Wilayahnya kepada Tim Penilai Lomba Desa

0
1254

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Kades Puuloro, Sardin Beemu, memaparkan gambaran umum wilayahnya kepada tim penilai Lomba Desa/Kelurahan Kabupaten Konawe, Selasa (23/5/2023).

 

Salah satu yang diterangkan Sardin yakni konsep Desa Wisata Puuloro, dengan memaksimalkan beberapa destinasi lama, serta membuka tempat baru.

 

Saat ini kata Sardin, ada enam destinasi di Desa Puuloro, mulai dari wisata olahraga berstandar nasional, pemancingan, waterpark, air terjun, kuliner desa, serta taman wisata hijau.

 

“Adapun yang siap pakai saat ini yakni wisata olahraga dan pemancingan. Sisanya masih tahap pembenahan sarana dan prasarana,” ujarnya.

 

Dengan ini kata Sardin, dirinya optimis pendapatan asli desa mampu meningkat pesat. Apalagi partisipasi masyarakat begitu besar, sehingga beberapa pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

 

Seluruh pekerjaan memaksimalkan konsep Desa Wisata Puuloro, dilakukan secara swadaya bersama masyarakat, mulai dari penggusuran jalan, hingga normalisasi sungai, tanpa anggaran dari pemerintah sepeserpun.

 

“Semoga ini mampu menjadikan Puuloro menuju desa mandiri, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan ekonomi meningkat,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Konawe, Keny Yuga Permana yang juga sebagai Ketua Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan, melayangkan pujian kepada Kades Puuloro.

 

Keny bahkan tak ragu menyebut Desa Puuloro sebagai kandidat kuat pemenang lomba desa tahun 2023, dengan berbagai kelebihan yang ada, salah satunya konsep desa wisata.

 

Ia berharap, konsep desa wisata ini mampu dikembangkan lebih maju lagi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Puuloro, sehingga menjadi daya tarik oleh masyarakat dan wisatawan.

 

“Ini bagaikan kota di tengah kampung, wisatawan lokal bahkan nasional bisa kesini. Dari seluruh desa yang dinilai, ada nilai tersendiri buat Puuloro ini,” tutup Keny Yuga Permana. (Red/Admin).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here