Tips Aman Naik Motor Malam Hari, Ini yang Harus Disiapkan

0
1702

Naik motor malam hari tentunya berbeda dengan saat siang hari. Perlu Anda ketahui juga risiko terjadinya kecelakaan dan bahaya lain akan semakin tinggi karena kondisi jalanan yang gelap. Bahkan risiko terkena begal juga perlu diwaspadai apalagi menjelang tengah malam.

Jika memang tidak ada kepentingan mendadak, sebaiknya hindari mengemudi lebih dari jam 10 malam. Namun jika Anda harus berkendara lebih dari jam tersebut, sebaiknya ketahui apa aja tips naik motor khususnya di malam hari seperti yang akan dibahas berikut ini. Mari simak informasinya!

7 Tips Naik Motor Malam Hari
Standar keselamatan di jalan memang harus diperhatikan baik itu saat malam atau siang hari. Bukan hanya demi menjaga keselamatan Anda, tapi hal tersebut juga berguna untuk menjaga keberlangsungan lalu lintas sekitar. Berkendara saat malam hari ternyata harus ekstra hati-hati, salah satunya dengan melakukan sejumlah tips berkendara motor di bawah.

Pilih Rute yang Aman
Langkah pertama yang harus Anda pastikan saat berkendara di malam hari adalah pilihlah rute yang aman serta terdekat dengan tujuan demi keamanan. Agar bisa sampai ke tujuan dengan selamat dan cepat, maka pertimbangkan juga waktu tempuhnya.

Pastikan Smartphone Selalu Aktif
Khususnya saat berkendara malam hari, sebaiknya perangkat ponsel harus tetap aktif. Pastikan handphone dalam keadaan full-charged serta tersedia pulsa atau paket data internet. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kondisi darurat selama di perjalanan agar dapat menghubungi kontak emergency.

Periksa Keadaan Motor
Selain memastikan ponsel tetap aktif, keadaan motor juga menjadi hal yang penting untuk dijaga. Anda harus memeriksa kelayakan motor mulai dari kondisi ban, rem, lampu motor, hingga kecukupan bahan bakar atau bensin untuk mencegah motor mogok di tengah jalan.

Perhatikan Kecepatan Berkendara
Pastinya Anda tahu betul kalau jalanan yang sepi di malam hari memang memicu adrenalin untuk ngebut, sehingga kebanyakan pengemudi meningkatkan kecepatannya. Namun kebiasaan ini bukan perilaku bijak berkendara. Risiko kecelakaan tetap ada walau jalan sedang sepi. Jadi Anda harus tetap menjaga kecepatan dalam batas wajar ketika berkendara motor di malam hari.

Sebaiknya Jangan Menggunakan Perhiasan Berlebihan
Baik itu perempuan atau pria, sebaiknya jangan menggunakan perhiasan berlebihan saat berkendara motor di malam hari demi keamanan selama di perjalanan. Penggunaan perhiasan yang berlebihan berisiko memancing perhatian begal atau penjahat lain.

Taati Rambu Lalu Lintas
Tips berkendara motor yang paling penting adalah Anda harus menaati rambu lalu lintas. Sebagai pengendara yang baik, tentunya Anda harus tahu dan memahami rambu-rambu lalu lintas yang ada demi menjaga keselamatan diri sendiri dan juga pengendara lain. Hindarilah menerobos lalu lintas meski ingin cepat sampai ke tempat tujuan.

Gunakan Perlengkapan Berkendara
Kondisi motor yang optimal tidak akan cukup, sehingga Anda harus menggunakan perlengkapan yang lengkap. Perlengkapan tersebut dapat mencegah Anda dari hal-hal buruk selama di perjalanan. Pastikan Anda menggunakan jaket yang akan melindungi diri dari dinginnya udara malam, sarung tangan, sepatu, dan juga celana panjang.

Dari sekian banyak perlengkapan yang dibutuhkan, helm menjadi salah satu perlengkapan yang paling penting saat naik motor malam hari. Bagaimana tidak, helm berguna untuk menjaga bagian kepala jika terjadi kecelakaan lalu lintas. Inilah kenapa Anda harus menggunakan produk helm berkualitas yang terjamin kualitas serta ketahanannya.

Nah kini Anda bisa mendapatkan berbagai jenis pilihan helm di Blibli. Sebagai marketplace terbaik, Blibli selalu hadir dengan produk unggulan dari banyak kategori, salah satunya helm motor.

Oleh karena itu, yuk segera unduh aplikasi Blibli dan dapatkan pilihan helmĀ motor

yang diinginkan demi menunjang keperluan Anda saat naik motor malam hari. Jangan lupa klaim diskon yang ditawarkan juga, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here