Pemkab Konawe Mulai Bayarkan Bonus Atlet Peraih Medali di Ajang Porprov 2022

0
592

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melakukan pembayaran bonus atlet dan pelatih yang berhasil meraih medali pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sultra yang dilaksanakan di Kabupaten Buton dan Kota Baubau pada akhir November 2022 lalu.

Pembayaran bonus atlet akan dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Konawe selaku lembaga otoritas keolahragaan di daerah setempat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Konawe Jahiuddin, S.Sos, M.Si saat dikonfirmasi SUARASULTRA.COM, Minggu 2 April 2023 via telpon selulernya.

“Hari Jum’at kemarin sudah dibayarkan untuk bonus atlet angka berat dan angkat besi. Besok, Senin semua sudah akan dibayar, termasuk sepak bola,” kata Mantan Kadis Perindag Konawe ini.

Menurut Jahiuddin, dana hibah untuk pembayaran bonus atlet dan pelatih tersebut sebesar Rp2.620.000.000 (dua miliar enam ratus dua puluh juta rupiah). Dana tersebut lanjut dia, langsung ditransfer oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) ke rekening KONI Konawe.

“Kami di Dispora hanya sebatas mengurus adminitrasi saja, setelah itu dana tersebut ditransfer langsung ke rekening KONI dan pembayaran dilakukan oleh mereka (KONI),” jelas Jahiuddin.

Diketahui, pada ajang Porprov tersebut, Pemda Konawe menurunkan 720 orang yang terdiri dari 680 atlet bersama official/pelatih dan 40 orang dari Pengurus KONI. Kontingen Kabupaten Konawe berlaga di 27 Cabang Olahraga. Dan hasilnya, Konawe berhasil meraih 28 medali emas, 38 perak dan 51 perunggu.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Konawe Dr. Cici Ita Ristianty, SE, ME mengatakan untuk pembayaran bonus atlet, Pemda Konawe menyediakan anggaran sekitar Rp.2,6 Miliar termasuk dengan bonus pelatih.

Menurut Cici, secara keseluruhan bonus untuk atlet peraih medali pada Porprov Buton – Baubau sebesar Rp.1,8 Miliar ditambah dengan bonus pelatih sebesar Rp820 juta sehingga totalnya mencapai Rp.2,6 Miliar atau Rp. 2.620.000.000 ( dua miliar enam ratus dua puluh juta rupiah).

Untuk atlet peraih medali emas perorangan masih kata Cici, mendapatkan bonus 20 juta, sedangkan peraih medali perak 15 juta, dan medali perunggu 10 juta. Sementara untuk bonus pelatih itu nilainya sama baik perorangan maupun beregu yakni medali Emas 10 juta, Perak 7,5 juta dan Perunggu 5 juta.

“Untuk bonus atlet beregu jelas tidak akan sama dengan perorangan. Ada hitungan juga,” kata Cici, Selasa 14 Maret 2023 saat dikonfirmasi via pesan singkat WhatsApp.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here