Simak Tips Fotografi dengan Bermodalkan Kamera Samsung Galaxy A34

    0
    2763
    Sumber: Pexesl.com

    LINTASSULTRA.COM | Saat ini sudah banyak ponsel yang memiliki kamera mumpuni. Kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera ponsel tersebut tidak kalah dengan kamera profesional. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, Anda perlu memahami tips fotografi yang baik.
    Tips Fotografi dengan Kamera Hp
    Berbicara tentang mengambil gambar menggunakan kamera ponsel, salah satu kendala yang sering dialami kebanyakan orang adalah tentang kualitas kamera. Saat ini sudah banyak ponsel yang dibekali dengan kamera berkualitas bagus. Agar foto yang dihasilkan terlihat profesional, simak tips fotografi berikut:

    1. Pilih Objek yang Menarik
    Objek yang kurang tepat akan membuat hasil foto tidak menarik. Menjadi fotografer yang handal bisa dimulai dengan melatih kepekaan terhadap objek. Selain dari segi visual, Anda juga perlu mengetahui apakah objek tersebut memiliki makna dan cerita saat dipotret.

    2. Sesuaikan Fokus dan Pencahayaan
    Mengatur fokus, pencahayaan dan exposure gambar menjadi salah satu fitur yang biasanya ada di semua smartphone. Fitur tersebut dapat diatur secara manual maupun otomatis. Pastikan objek yang akan Anda potret tidak blur. Hal ini merupakan langkah dasar yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil foto yang jernih.

    Trik satu ini sangat sederhana, namun sering terlupakan. Pada umumnya orang lebih berfokus pada proses mengedit dibandingkan proses memotret.

    3. Perlu atau Tidaknya Menggunakan Flash
    Memahami keputusan untuk menggunakan flash atau tidak menjadi salah satu yang penting. Tidak semua tempat yang redup harus menggunakan flash, misalnya pada low light photography yang tidak terlalu membutuhkan flash.
    Akan tetapi, ada beberapa jenis fotografi yang harus menggunakan flash agar foto yang dihasilkan terlihat memukau. Oleh karena itu, memahami saat yang tepat untuk menggunakan flash menjadi salah satu trik yang harus dipahami.

    4. Tepat Memilih Angle Gambar
    Pemilihan sudut pengambilan gambar atau angle yang tepat sangat dibutuhkan. Kreativitas dalam memilih angle yang tepat sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan setiap angle akan menghasilkan foto serta memberikan cerita yang berbeda.
    Perspective photography menjadi salah satu teknik sudut pandang pengambilan gambar yang masih menjadi tren hingga saat ini. Teknik ini memungkinakan Anda untuk mendapatkan gambar yang unik.

    5. Aktifkan Grid untuk Rule of Thirds
    Mempelajari teknik rule of thirds menjadi salah satu trik kamera HP yang paling dasar. Anda bisa menggunakan teknik ini dengan cara mengaktifkan grid di layar ponsel agar. Langkah tersebut dilakukan untuk memunculkan garis bantu yang dapat mempermudah Anda dalam membagi setiap posisi objek.
    Idealnya posisi objek harus berada di titik persimpangan dari garis bantu. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika ada bagian posisi objek yang miring saat dipotret. Apabila ponsel Anda tidak memiliki fitur ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Instagram. Cara menggunakannya adalah dengan memotret objek terlebih dahulu, lalu klik next > edit > adjust.

    6. Gunakan Tripod Saat Memotret
    Tujuan penggunaan tripod ini adalah untuk memudahkan saat menggunakan rule of thirds. Namun, tips ini hanya sebagai pilihan alternatif bagi Anda yang sering mengalami kesulitan untuk membuat gambar statis.

    7. Edit Foto
    Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa dimanfaatkan untuk membuat foto yang dihasilkan lebih bagus. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis dan ada pula yang berbayar.

    Demikian berbagai tips fotografi yang bisa Anda aplikasikan untuk memotret menggunakan kamera ponsel. Salah satu smartphone dengan kamera mumpuni untuk fotografi adalah . Samsung A34 5G  Ponsel ini sudah bisa Anda dapatkan di Blibli. Barang yang didapat dari Blibli tentunya original dengan kualitas baik.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here