Hari Desa Asri Nusantara, PEMDES Ahuawatu Lakukan Penanaman 100 Pohon

0
1776

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Ahuawatu, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penanaman 100 pohon, Senin (20/3/2023).

Kegiatan yang dilakukan Pemdes Ahuawatu merupakan program yang digagas oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam penanaman delapan juta pohon serentak di seluruh desa dan menggalakkan desa Asri di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dilakukan Kemendes sebagai bentuk peringatan Hari Desa Asri Nusantara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman bencana kemanusiaan akibat perubahan iklim.

Kepala Desa Ahuawatu, Adi Hariyono menjelaskan, tujuan dari penanaman 100 pohon merupakan konsekuensi aksi SDGs Desa untuk menjalankan pembangunan yang berkelanjutan dari sisi lingkungan, kelembagaan, budaya, ekonomi, sosial, dan infrastruktur.

Lanjut Adi, pada puncak Peringatan Hari Desa Asri Nusantara dilakukan gerakan penanaman 8.508.327 pohon secara serentak di seluruh desa di Indonesia yang disiarkan secara langsung maupun melalui daring.

“Sesuai dengan program desa Asri dari Kemendes, kami beserta masyarakat, Pemerintah Kecamatan, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa melakukan penanaman 100 pohon di lingkungan wilayah Desa Ahuawatu,” ujar pria yang akrab disapa Adi.

Perlu diketahui, Desa Ahuawatu merupakan salah satu desa di Sultra yang menjadi Calon Desa Anti Korupsi untuk periode tahun 2023.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here