Titin Nurbaya Saranani Rilis Dua Busana Motif Daun dan Ulat Sagu

0
575

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani secara resmi melaunching dua busana tenun hasil karyanya, Jumat (3/3/2023) malam.

Launching busana yang bermotif daun dan ulat sagu yang dilakukan oleh Istri Bupati Konawe tersebut merupakan salah satu upaya dalam menjaga kearifan lokal di Sultra khususnya di Konawe.

“Karena masyarakat Konawe khususnya etnis asli suku Tolaki makanan pokok kita selain padi adalah sagu (sinonggi). Jadi inilah yang membuat saya terketuk untuk mendesain tenun tersebut,” kata Titin.

Diakhir jabatannya itu, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini juga mengatakan, motivasi lainnya dalam menciptakan motif tersebut adalah kepedulian terhadap tanaman sagu yang kian berkurang.

“Kalau suatu saat kita tidak lestarikan ini tanaman sagu atau habis, sinonggi bukan lagi menjadi makanan pokok yang merupakan ciri khas makanan Tolaki,” tambahnya.

Ia menjelaskan, Dekranasda juga akan kembali mendesain busana kain tenun dengan lebih banyak kreasi motif. Dipamerkannya busana ini juga, lanjut Titin, merupakan salah satu hasil karya yang dibuat sebelum kepengurusan di Dekranasda Konawe berakhir tahun ini. Titin berharap, karya ini dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Kita bisa bangga menjadi masyarakat Kabupaten Konawe dengan segala kearifan lokal yang ada disini,” jelasnya.

Selain motif tenun tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Konawe ini juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap melestarikan kearifan lokal yang ada.*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here