Perdana, Pemkab Konawe Bakal Gelar Panen Pedet

0
1006

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) bakal menggelar panen pedet perdana pada 2 Maret 2023 mendatang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Jumrin saat ditemui awak media, Rabu (22/2/2023) menuturkan, pihaknya menyiapkan 300 ekor sapi unggulan jenis Peranakan Ongole (PO) untuk persiapan panen pedet yang akan diturunkan pada 1 Februari 2023.

Kata dia, sapi tersebut berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Konawe yang dibimbing langsung oleh tim Inseminasi Buatan (IB) Disnakeswan Konawe.

“Sebenarnya ada ribuan ekor sapi unggulan kita di Konawe, namun kami hanya siapkan 300 ekor saja yang tiap kecamatannya kami ambil sekitar 20 ekor, tapi kami masih kondisikan karna masih dilakukan seleksi,” ujar Jumrin.

Ia juga menjelaskan, dari 300 ekor sapi yang dipersiapkan, diantaranya terdapat sekitar 60 ekor yang akan diikutkan dalam konteks pameran yang secara bersamaan digelarnya panen pedet.

“Sapi yang akan diikutkan konteks itu berumur kira-kira 2,5 tahun dan beratnya berkisar 400 sampai 600 kilo gram, bahkan ada yang lebih,” ungkap Kadis Peternakan.

Lanjut Kadis, dari data yang dimiliki, panen pedet kali ini sebenarnya hanya sebagian kecil sapi yang diikutkan, karena dari Hasil IB terdapat kurang lebih 6500 ekor sapi yang berhasil di kembangkan.

Sedangkan untuk sapi yang dikembang biakan secara Kawin Alam (KA) terdapat kurang lebih 6000 ekor di tahun 2022.

“Secara keseluruhan menurut data yang ada di tahun 2022, ada sekitar 12.500 ekor lebih sapi yang akan dipanen, namun kita terkendala di anggaran dan lokasi panen pedet juga tidak memungkinkan,” tutup kadis.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here