Dua Sekolah di Konawe Bakal Ajarkan Bahasa Mandarin

0
1082

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – PT Virtue Dragon Nickel Industrial (VDNI) Park baru-baru ini menggelontorkan dana miliaran untuk mendirikan sekolah modern di Konawe. Program itu sebagai bagian dari implementasi CSR perusahaan asal tiongkok tersebut.

Sekolah yang akan didirikan, yakni SDN 2 Porara dan SMPN Satu Atap 1 Bondoala. Telaknya di Desa Morosi, Kecamatan Morosi.

Dua sekolah itu nantinya diproyeksi bakal lebih modern dibandingkan dengan sekolah lainnya di Konawe. Selain memiliki fasilitas gedung dua lantai, sekolah tersebut juga didukung fasilitas lainnya, seperti laboratorium, aula, ruang kesenian, dan ruang multi media.

Meski nanti kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum nasional, tetapi ada hal menarik yang akan diajarkan di sana. Salah satunya, yakni tentang bahasa asing.

“Nanti kita di sana akan belajar tiga bahasa sekaligus. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan juga bahasa Mandarin,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe, Suryadi.

Menurut Suryadi, pemilihan bahasa Mandarin mengingat lokasi sekolah yang berada di area mega industri yang terdapat banyak TKA Tiongkok di sana. Nantinya, pembelajaran tersebut bisa memberikan dampak lebih bagi peserta didik di daerah smelter.

“Kita hanya belajar bahasanya saja. Sementara budaya asingnya, kita tetap akan memperkuat identitas budaya nasional,” terangnya.

Pria bergelar doktor itu berharap, CSR yang diberikan PT VDNI Park untuk pendidikan Konawe tidak hanya sebatas bangunan fisik. Akan tetapi juga non fisik, seperti bantuan beasiswa untuk para peserta didik ke depannya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here