Pertama di Sultra, Konawe Jadi Percontohan Tanaman Sorgum

0
840

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Suwandi, menyambangi lokasi penanaman Sorgum di Kebun Produksi Balai Benih Induk (BBI) Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (21/2/2023).

Suwandi hadir bersama salah satu direktur dan staf lainnya di Direktorat Tanaman Pangan. Rombongan itu disambut oleh perwakilan pejabat dari tingkat Sultra maupun Konawe.

Kegiatan penanaman Sorgum di BBI Wawotobi merupakan kegiatan perdana. Luas lahan yang disediakan untuk pengembangannya, yakni dua hektar.

Sorgum sendiri merupakan tanaman pangan yang dapat digunakan sebagai pangan, pakan dan bioenergi (bioetanol). Jenis tanaman ini cocok di lahan kering dan berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia.

Pada kesempatan itu Suwandi mengungkapkan, pihaknya mendapati info dari Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra kalau Sorgum di Konawe sudah siap panen. Ia pun tertarik untuk datang mengeceknya secara langsung.

“Saya sangat senang dengan hasilnya. Ini akan jadi cikal bakal yang bagus dalam pengembangan tanaman Sorgum di Sultra dan Indonesia,” jelasnya.

Suwandi menerangkan, Sorgum merupakan jenis pangan lokal dimana kandungan manfaat dan gizi sangat luar biasa tidak kalah dari produk-produk dari luar negeri.

Suwandi mengakui, saat ini harga Sorgum masih pada kisaran harga Rp3000 – Rp5.000. Meski demikian harganya punya peluang untuk terus naik.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, LM Rusdin Jaya menuturkan, kegiatan penanaman bibit Sorgum ini merupakan yang pertama di Sultra. Hal itu merupakan tindak lanjut dari MoU/Nota kesepahaman dengan Direktorat Jendral Tanaman Pangan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here