Pemkab Konut Gelar Musrenbang Terakhir di Laskep

0
570

LINTASSULTRA.COM | KONUT -Dalam rangka menampung aspirasi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) di tingkat kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2024.

Kalo ini, Musrenbang digelar di Kecamatan Lasolo Kepulauan (Laskep) dan untuk terakhir kalinya di tahun 2023, pada Jumat (17/2).

Bupati Konut, Ruksamin hadir dan memimpin langsung Musrenbang yang di dampingi oleh Wakilnya Abu Haera. Terlihat pula Ketua DPRD Konut, Sekda, Pejabat Asisten, Serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konut turut hadir mendengarkan aspirasi masyarakat.

Saat Musrenbang digelar, Bupati Konut l, Ruksamin menyerap berbagai aspirasi yang diutarakan oleh pemerintah Kecamatan, Kepala Desa, dan aparat desa, tokoh adat dan warga se Kecamatan Laskep yang sempat hadir.

Menanggapi usulan masyarakat, Bupati Konut dua periode tersebut mengatakan akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan pembangunan di Laskep.

“Silahkan bandingkan sebelum saya jadi Bupati dan setelah saya jadi Bupati, saya defenitif kan Kecamatannya, kemudian pelan-pelan kita bangun, ini jalan, listrik belum ada yang bermimpi bisa sampai kesini, ketersediaan air bersih insyaallah tahun ini rampung, sekarang saya dapat bisikan dari Ketua DPRD untuk menambah lagi ruas jalan yang diaspal,” ujar Ruksamin.

Lanjut mantan ketua DPRD di Konut tersebut, Pemerintah Kecamatan maupun Desa merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk bersinergi, bekerjasama, menyinkronkan data untuk menghadapi tantangan ke depan yaitu kemiskinan ekstrim, inflasi, dan stunting, yang dimana semua program tersebut merupakan fokus Pemerintah Pusat untuk diselesaikan.

”Data kemiskinan ekstrim di Lasolo Kepulauan ini saya lihat sisa lima orang, ini akan jadi fokus kita bersama-sama turun langsung menuntaskan masalah masyarakat. Jadi saya minta kepada para pimpinan di Desa, jangan lagi membeda-bedakan masyarakat hanya karena beda pilihan politik, berikan pelayanan yang merata dan maksimal kepada seluruh masyarakat,” beber Ruksamin.

Mantan Wakil Bupati Konut itu juga menjelaskan masyarakat di Lasolo Kepulauan akan mendapatkan Jaminan Kesehatan dan Pendidikan selama dirinya masih memimpin Konut.

Hal tersebut sebagai upaya Pemkab meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk generasi masa depan di Kabupaten Konut.

”Saya minta kepada Kepala Desa, catatkan saya anak-anak kita dari Lasolo Kepulauan yang sedang kuliah, Kami sudah menyiapkan beasiswa untuk anak-anak Konut agar orang tua tidak terbebani lagi dengan biaya kuliah,” tandasnya.

Dalam Musrenbang, Bupati Konut menyadari kondisi Topografi di Lasolo Kepulauan yang terdiri beberapa gugusan pulau serta kondisi demografi masyarakat yang rata-rata bekerja sebagai nelayan, sehingga Pemkab Konut kedepannya bakal meningkatkan ketersediaan dermaga yang layak. Karna dengan demikian, perekonomian masyarakat di daerah tersebut akan meningkat.

Perlu diketahui, Lasolo Kepulauan yang berada di Wilayah Konut Tersebut kaya akan sumber daya alam baik di sektor pariwisata, kelautan dan perikanan, bahkan terdapat pula sumber daya mineral berupa nikel.(Red/Ls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here