Jelang Natal dan Tahun Baru, Rutan Unaaha Geledah Kamar Narapidana

0
582

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2023, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIb Unaaha melakukan sidak di setiap kamar warga binaan, Kamis (15/12/2022).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk tindak lanjut Surat Edaran Dirjerpas Tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Perayaan Nataru Tahun 2023 yang merupakan pencegahan serta deteksi dini gangguan kamtib.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Unaaha, Herianto mengatakan kegiatan sidak melibatkan Satops Patnal Internal Rutan Unaaha serta petugas yang sedang piket.

Sebelum memeriksa kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Karutan Unaaha berpesan agar pemeriksaan dilakukan dengan aman, tertib dan terkendali.

‚ÄúLakukan penggeledahan dengan menghargai WBP sebagai manusia, gunakan pendekatan humanis, masuk dalam kamar hunian dengan 3S (Senyum, Salam, Sapa), dan mintai izin kepada warga binaan untuk menggeledah kamar dan menyita barang-barang terlarang,” ujar Herianto.

Usai memberikan arahan, seluruh petugas sidak melakukan pemeriksaan secara detail di dalam kamar hunian WBP.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan sejumlah barang milik warga binaan yang tidak diperbolehkan berada di blok hunian diantaranya korek api, gunting kuku, paku, dan beberapa benda yang berbahan dasar kaca. Barang-barang tersebut kemudian disita dan akan dimusnahkan sehingga barang-barang tersebut tidak lagi ditemukan atau dimasukan kembali ke dalam kamar tahanan.

“Alhamdulillah tidak ditemukan narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya, memang ada beberapa barang yang disita dan langsung diamankan nantinya akan dibakar,” beber Herianto.

Sebelum menutup sidak, Herianto menyampaikan apresiasi kepada Satops Patnal internal Rutan Unaaha serta mengingatkan kembali kepada seluruh petugas untuk meningkatkan kewaspadaan terutama Pengaman Pintu Utama (P2U) yang merupakan gerbang masuknya pengunjung dan barang kedalam rutan. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here