Dinas Ketapang Launching Aplikasi Simpati

0
233

LINTASSULTRA.COM | KONAWE — Dinas ketahanan pangan (Ketapang) Konawe meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pangan Terintegrasi atau disebut Simpati, Selasa (6/12/22). Aplikasi tersebut merupakan wadah untuk melakukan kontrol dan mencegah kerawanan pangan di wilayah Kabupaten Konawe.

Sekretaris dinas Ketapang Kabupaten Konawe Abdul Hasim mengatakan, aplikasi Simpati itu bertujuan memudahkan masyarakat untuk mengetahui stok dan harga pangan di pasaran.

“Aplikasi ini akan mengolah data hasil pangan di pasaran, baik itu stok, harga maupun pedagang, sehingga masyarakat bisa mengetahui harga eceran tertinggi (HET) dari setiap komoditi pangan,” jelasnya.

Mantan Camat Wonggeduku Barat itu juga menjelaskan, aplikasi Simpati memiliki tampilan menu yang menarik, bisa diakses masyarakat melalui laman play store smartphone

Di dalam fitur aplikasi Simpati tersedia menu bagi masyarakat untuk mengetahui stok dan harga pangan yang tersedia di Bulog, Dinas perindustrian, perdagangan dan koperasi (Disperindagkop) serta dinas pertanian yang terintegrasi dalam 1 aplikasi.

“Dalam aplikasi ini ada petugas enumenator kita yang melakukan update stok dan harga pangan setiap hari serta tersedia pula informasi pedagang yang bisa menjadi rujukan warga untuk membeli pangan sesuai kebutuhannya,” terang Hasim.

Selain itu masyarakat juga dapat menuliskan saran dan aduan didalam kolom komentar aplikasi jika mengetahui ada pedagang yang menjual harga pangan di atas harga eceran tertinggi.

Pada kesempatan itu juga, petugas enumenator dinas Ketapang Konawe menerima bantuan 3 unit handphone android dari Bank Bahteramas Konawe sebagai upaya mendukung kinerja petugas dilapangan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here