Apresiasi Kehadiran Aplikasi SIMPATI Dinas Ketahanan Pangan, Ini Kata Kepala Perum Bulog Konawe

0
364

LINTASSULTRA.COM | KONAWE РKepala Perum Bulog Subdivre Unaaha, Yusran , SP menyampaikan apresiasi atas peluncuran aplikasi SIMPATI (Sistem Informasi Pangan Terintegrasi) pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Apresiasi tersebut disampaikan Yusran usai menghadiri Launching Aplikasi SIMPATI dan SIKOMO berAKSI di kantor Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Kamis 8 Desember lalu.

Diketahui, aplikasi SIMPATI ini digagas oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe Abd. Hasim, SP, M.Si saat menjadi Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VI dan VII tahun 2022 pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Perum Bulog Subdivre Unaaha, Yusran , SP mengatakan aplikasi SIMPATI ini sangat berguna bagi Bulog untuk memonitor dan mengontrol harga beras di pasaran.

“Inovasi yang dilakukan Kepala Dinas Ketahanan Pangan sangat membantu kami (Bulog) dalam mengontrol harga sembako khususnya beras di pasaran,” kata Yusran.

Menurut Yusran, dengan aplikasi SIMPATI ini kita bisa tahu berapa harga eceran tertinggi (HET) beras di pasar maupun di penggilingan.

“Di aplikasi ini bisa terbaca berapa harga dan stok setiap hari. Jadi kalau ada yang menjual di atas HET maka kami bisa melakukan tindakan dengan melaksanakan operasi pasar,” tuturnya.

Lebih lanjut Yusran menyebut, selain Bulog fitur ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat. Konsumen dapat mengecek harga beras dari masing – masing pedagang dan penggilingan yang ada diaplikasi ini.

“Pilihan ini bisa dimanfaatkan oleh pembeli untuk melakukan transaksi dengan penjual secara langsung. Apalagi, di aplikasi ini juga disediakan nomor telepon pedagang beras,”pungkasnya.

Sebelumnya, Kamis 8 Desember 2022, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr. Ferdinand Sapan, SP, MH secara resmi
melaunching aplikasi Sistem Informasi Pangan Terintegrasi (SIMPATI) dan Sistem Informasi Komoditi Pertanian Berbasis Aplikasi (SIKOMO berAKSI).

Peluncuran aplikasi tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Bulog Unaaha, Yusran, SP bersama sejumlah Kepala OPD, Penyuluh Pertanian serta pihak perbankan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here