Bupati Konut Secara Resmi Buka Sosialisasi Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit

0
235

LINTASSULTRA.COM | KONUT – Bupati Konawe Utara (Konut), H. Ruksamin secara resmi membuka Sosialisasi Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit, Rabu (5/10/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Konut yang diikuti oleh para pelaku usaha perkebunan kelapa sawit seluruh Kecamatan di Konut. Kegiatan tersebut digelar di salah satu hotel di Kecamatan Andowia.

Ketgam: Bupati Konut saat membuka kegiatan sosialisasi.

Dalam sambutannya, Ruksamin memaparkan luas areal kelapa sawit yang berada di Konut dan merupakan salah satu andalan pemerintah dalam bidang perkebunan untuk mengembangkan perekonomian daerah dan masyarakat.

Dengan luas tanaman Kelapa Sawit mencapai kurang lebih 24.554 hektar yang terdiri dari PT Perkebunan Nusantara XIV Seluas 3.953 hektar, dengan luas lahan Plasma 2.500 hektar, dan Luas Lahan Inti 1.453 hektar, lahan milik Petani yang menjadi Plasma di PT Damai Jaya Lestari Seluas 6.005 hektar, dan lahan milik Petani yang menjadi Plasma di PT Sultra Prima Lestari seluas 6.596 hektar. Sehingga Kabupaten Konawe Utara memiliki potensi perkebunan yang merupakan aset dan modal dasar pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” beber Ruksamin.

Lanjut Ruksamin, dirinya berharap instansi terkait dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna mendukung kelancaran dan keberhasilan peremajaan kelapa sawit di Konut, selain peremajaan perkebunan kelapa sawit.

“Perlu juga diperhatikan pemberdayaan masyarakat selama proses peremajaan tanaman sawit sehingga sektor perkebunan menjadi sala satu penyedia lapangan kerja bagi masyarakat kabupaten Konawe Utara dan saudara-saudara kita yang berada diluar Kabupaten Konut,” katanya.

Diakhir sambutannya, Bupati dua periode di Konut tersebut menyampaikan Apresiasi dan Terima Kasih atas dukungan berbagai pihak dalam mensukseskan Visi Misi Kabupaten Konawe Utara menuju Konawe Utara yang lebih Sejahtera dan Berdaya Saing.

“Saya menyampaikan Apresiasi dan Terima Kasih atas dukungan berbagai Pihak dalam mensukseskan Visi Misi Kabupaten Konawe Utara dengan memberi Perhatian pada Komoditi Kelapa Sawit sebagai strategi utama dalam mewujudkan Visi pembangunan Kabupaten Konut sebagaimana telah dilakukan Pemerintah melalui strategi Revilitasi Perkebunan Rakyat dalam bentuk Kegiatan Ekstensifikasi, Kegiatan Peremajaan dan Perluasan Kebun Rakyat,” tutup Ruksamin.(Red/Ls).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here