Kunjungi Rutan Unaaha, Irjen Kemenkum HAM Apresiasi Sarana dan Prasarana

0
408

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Inspektur Jendral (Irjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Razilu berkunjung ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIb Unaaha dalam rangka meninjau secara langsung kegiatan pelayanan publik kepada masyarakat maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (9/8/2022).

Dalam kunjungannya, Razilu disambut langsung oleh Kepala Rutan (Karutan) Herianto beserta seluruh jajaran Rutan kelas IIb Unaaha. Sebelum memasuki Rutan, Razilu disambut dengan tarian adat suku Tolaki yaitu tarian mondotambe yang bermakna tarian penyambutan terhadap tamu istimewa.

Usai acara penyambutan, Irjen Razilu meninjau sarana dan prasarana seperti dapur, blok hunian, ruang kunjungan, ruang laktasi dan sarana lainnya yang terdapat di Rutan Unaaha. Selain itu, Inspektur Jenderal juga meninjau kegiatan pelatihan dan Pembinaan kemandirian yang dilakukan oleh jajaran Rutan kelas IIb Unaaha.

Saat meninjau seluruh sarana dan prasarana, Razilu menjelaskan kepada seluruh pegawai Rutan terkait program unggulan inspektorat Jendral Kemenkum HAM yakni Menyapa, Mengajarkan, dan menyadarkan atau lebih dikenal dengan (3M).

Program tersebut bertujuan memberikan penguatan bagi seluruh insan pengayoman agar senantiasa memegang teguh nilai-nilai yang telah dikukuhkan oleh organisasi.

“Seluruh perbuatan jahat bisa memengaruhi suasana hati menjadi gelisah, oleh karena itu jika ingin menjadikan hati tenang, paksakan diri untuk melakukan perbuatan baik. Karena dengan satu perbuatan baik akan mengajarkan kita kearah yang lebih baik untuk menjadi Manusia yang baik,” tutur Razilu.

Razilu juga menyampaikan apresiasi atas kebersihan dan kekompakan yang ada di lingkungan Rutan kelas IIb Unaaha.

“Lingkungan Rutan sudah bersih, sarana dan prasarana serta pelayanannya sudah bagus dan penerapan inovasi juga bagus. Mari jaga kekompakan dan membangun komunikasi yang sehat serta dukung secara penuh pimpinan,” tandasnya.

Sementara itu, Karutan Unaaha, Herianto mengucapkan terima kasih atas Kunjungan Irjen Kemenkumham RI ke Rutan Kelas IIb Unaaha.

“Ini jadi suatu kebanggan bagi kami dan motivasi agar lebih bekerja dengan hati,” tutup Herianto(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here