Ruksamin Lepas Rombongan Kontingen Jamnas ke-XI Utusan Kwartir Cabang Konut

0
250

LINTASSULTRA.COM | KONUT – Bupati Ruksamin melepas rombongan kontingen Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI Tahun 2022 utusan Kwartir Cabang Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelepasan rombongan kontingen Jamnas dilaksanakan di Aula Ngguluri Kantor Bupati Konut, Kamis (4/8/2023).

Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut 65 peserta untuk mengikuti Jamnas di Bumi Perkemahan dan Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta, yang akan dilaksankan sampai 21 agustus 2023 mendatang.

Ketgam: Bupati Konut saat memberikan pembekalan kepada peserta kontingen Jamnas ke-XI.

Sebelum melepas rombongan kontingen Jamnas, Ruksamin yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Konut mengatakan bahwa saat ini tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta dari berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan yang timbul.

Dia bilang, pembinaan dan
pengembangan generasi muda merupakan hal penting dilakukan karena generasi muda merupakan generasi pelanjut perjuangan bangsa dan pembangunan nasional.

Lanjut Bupati dua periode di Konut, sejak dibentuknya Pramuka, kini telah menjadi salah satu gerakan pemuda yang sangat penting untuk membangun human character building atau pendidikan karakter

“Pramuka akan membentuk kaum muda
dengan sosok yang ideal yakni beriman,
bertanggungjawab, amanah, toleran, terampil, mandiri, patriot, peduli terhadap sesama, dan berbudi pekerti luhur,” bebernya Ruksamin.

Ketgam: Peserta Jamnas Kwartir Konut yang akan berangkat ke Cibubur, Jakarta.

Bupati Konut juga menerangkan, Jamnas merupakan cara rekreasi edukatif di dunia kepramukaan dalam bentuk perkemahan luhur dan bertujuan untuk membina Pramuka Penggalang. Pembinaan dalam jambore ini, menitikberatkan pada aspek pembinaan mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Ia berharap kepada Kontingen utusan kwartir Konut, setelah kembali dari Cibubur, seluruh peserta dapat menginspirasi dan memotivasi junior pramuka yang lain, karena menurut Ruksamin para peserta Jamnas adalah duta Kabupaten Konawe Utara.

Dirinya juga menghimbau agar yang mengikuti Jambore Nasional dapat menjaga sikap dan perilaku, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen.

“Mudah-mudahan seluruh rangkaian kegiatan jambore dapat diikuti dengan baik, dan insya Allah kembali pulang dalam keadaan sehat wal’afiat dengan membawa pengalaman baru yang berkesan,” ujar Ruksamin.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten
Konawe Utara Sekaligus Majelis Pembimbing Cabang Kwarcab Konut, saya mengucapkan selamat kepada adik-adik yang akan mewakili Konut dalam kegiatan tersebut. Jagalah nama baik kabupaten kita, di pundak kalian kami titip harapan untuk mengharumkan nama baik Kabupaten Konawe Utara,” tutupnya

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan atribut pramuka oleh Bupati, dan Wakil Bupati Abuhaera kepada perwakilan peserta Jamnas.

Diketahui, Pelepasan Rombongan Jamnas di hadiri Ketua DPRD Konut Ikbar, SH yang juga sebagai Ketua Kwartir Cabang Konawe Utara, dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Konut.(Red/LS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here