Siapkan Berbagai Jenis Ternak Unggulan, UD Barokah Siap Suplai Permintaan Warga

0
666

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Laenggewi, Warga Amesiu, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan salah satu pengusaha mandiri yang bergerak di bidang peternakan.

Laenggewi yang merupakan pemilik usaha UD Barokah telah berdiri sejak 2018 silam. Dalam usahanya, Laenggewi menyiapkan berbagai jenis berbagai jenis hewan ternak layak konsumsi seperti Sapi Bali, Ayam Kampung, Kambing, dan berbagai jenis ikan air tawar.

Saat ditemui awak media, Senin (1/8/2022), Laenggewi mengatakan, dirinya menyiapkan berbagai macam hewan ternak termasuk kambing. Bahkan kambing yang di ternaknya tersebut merupakan kambing unggulan dengan jenis Peranakan Etawa (PE) yang bibitnya dibeli dari Polman Sulawesi Barat, kemudian dipeliharanya. Menjelang empat bulan, kambing tersebut kemudian di jual kepada pengepul.

Ketgam: Kambing jenis PE yang di budidayakan oleh UD Barokah.

Terkait kesehatan hewan ternak miliknya, Laenggewi menuturkan, dirinya selalu berkoordinasi dengan dokter hewan. Bahkan setiap ternak miliknya selalu mendapatkan perawatan ekstra serta vaksin yang teratur.

Terkait motifasi Laenggewi mendirikan usaha di bidang peternakan, Laenggewi menerangkan jika hal tersebut sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhan hewani masyarakat.

Selain itu, menurut Laenggewi, aktivitas yang saat ini ia lakukan merupakan perbuatan mulia, karena sepengetahuannya dalam Islam, kebanyakan Nabi adalah pengembala kambing.

Ketgam: Proses Vaksinasi kambing di UD Barokah.

Jadi segi ini mulia dan segi ekonomi jg sangat menguntungkan, kambing itu setahun dua kali beranak rata-rata dua anaknya. Kalau punya induk 50 ekor saja ,50 ekor dikali 2 sekali beranak 2 kali setahun apa itu bukan 200 ekor anakannya menguntungkan kan? begitu jg hewan ternak lainnya,” ujarnya.

Selain ternak yang layak konsumsi, lanjut Laenggewi, UD Barokah juga menyiapkan berbagai bibit ternak unggul seperti bibit ikan lele, ikan mas, dan ikan nila.

UD Barokah juga menyiapkan bibit ayam Kampung Unggul Balitbangtan (BUB). Keunggulan ayam KUB adalah jumlah telur yang dihasilkan lebih banyak dan sifat mengeram nya berkurang sehingga cepat bertelur kembali.

Kata dia, Selain ayam KUB, UD Barokah bahkan menyiapkan ayam kampung jenis ULU ( persilangan antara ayam pejantan Pelung dengan ayam betina lokal asal Perancis) yang pertumbuhannya sangat cepat. Selain itu rasa dagingnya juga tidak berbeda dengan ayam kampung.

Ketgam: Selain Kambing, Laenggewi juga menyiapkan bibit unggul ayam kampung dari berbagai jenis.

Ia juga menambahkan, ayam kampung KUB dan ULU, Laenggewi juga membudidaya ayam Joper yang merupakan hasil silang ayam Bangkok dengan ayam petelur betina biasa. Keunggulan dari ayam Joper adalah memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat, daya tahan tubuh yang relatif tinggi terhadap penyakit. Sedangkan cita rasa daging ayam Joper lebih enak dan padat.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here