Dekranasda bersama Perindagkop Gelar Pelatihan Kerajinan Tempurung Kelapa dan Labeling

0
203

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe bekerjasama dengan Dinas Perindagkop Kabupaten Konawe menggelar pelatihan kerajinan tempurung kelapa serta kemasan dan labeling.

Kegiatan tersebut digelar di salah satu hotel di Konawe Rabu 27 Juli 2022. Turut hadir dalam pembukaan yakni Perindakop Konawe, Jahiuddin serta 50 peserta yang terdiri dari para pelaku Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM).

Titin Nurbaya Saranani, Ketua Dekranasda Konawe, dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini merupakan program kegiatan Dekranasda Konawe yang mengacu pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengrajin yang berdaya saing, regenerasi pengrajin dalam melestarikan produk kerajinan berbasis lokal sebagai warisan budaya bangsa, pengembangan inovasi dan kreativitas produk kerajinan lokal,

Selain itu, program pelatihan kerajinan tersebut bertujuan untuk pengembangan dan perluasan pasar melalui promosi pameran dalam negeri maupun luar negeri baik secara online maupun offline.

” Pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan pengrajin dan para pelaku UMKM kabupaten Konawe,” ujar Titin dihadapan para peserta.

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu berpesan agar peserta pelatihan dapat mengimplementasikan hasil pelatihan tersebut dalam usahanya demi terciptanya kerajinan daerah yang unggul dan berdaya saing.

“Saya tidak mau kegiatan ini hanya seremoni, tapi ada output yang yang bisa dibawa pulang oleh peserta atau pelaku UMKM,” tutupnya.

Sebelumnya, Kadis Perindakop kabupaten Konawe, Jahiuddin, mengatakan dalam rangka pemulihan ekonomi ditengah pandemi diharapkan para pengrajin dapat kembali bangkit melalui pelatihan UMKM.

Selain itu, kata mantan kadis Keuangan Kabupaten Konawe, Pemerintah daerah akan memberikan bantuan modal kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

” Bantuan tersebut akan diberikan bagi pelaku UMKM yang berhasil,”tutupnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here