Disnakeswan Konawe Bantu Petani Siapkan Bibit Pakan Ternak

0
232

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) saat ini tengah membantu seluruh peternak sapi dengan cara membuat program penanaman pakan ternak.

Hal tersebut dilakukan mengingat saat ini sebagian petani beralih menjadi peternak karena sawah yang mereka olah mengalami penurunan suplai air akibat perbaikan bendung Wawotobi.

Kepala Disnakeswan, Jumrin menjelaskan, penyediaan bibit pakan ternak merupakan salah satu program Inseminasi Buatan (IB) yang bertujuan dengan penyediaan pakan, petani tidak kesulitan dalam kesediaan pakan ternak.

“Selain program kelahiran, kami juga mengadakan bibit rumput yang dimana setiap peternak dapat menanam rumput tersebut di lahan kosong mereka,” ujar Jumrin, Senin (4/7/2022).

Lanjutnya, pihaknya juga saat ini tengah melakukan sosialisasi penanaman rumput agar kedepannya peternak tidak kesulitan mencari rumput sehingga perkembangan ternak sapi di konawe berkembang dengan pesat.

“Terkait perawatan itu relatif mudah, hanya saja petani harus menyiangi serta memupuk sehingga bibit rumput dapat tumbuh dengan baik,” tutup Jumrin.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here