Rutan Unaaha Buka Layanan Kunjungan Tatap Muka, Berikut Syaratnya

0
361

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIb Unaaha, Kabupaten Konawe akan membuka kembali kunjungan tatap muka secara langsung oleh keluarga para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Sebelum berlakunya kunjungan tatap muka, Rutan kelas IIb Unaaha menggelar sosialisasi pada, Senin (5/7/2022) di halaman Rutan Unaaha.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka dan kegiatan pembinaan yang melibatkan pihak luar di Lapas/Rutan/LPKA.

Kepala Rutan Kelas IIb Unaaha, Herianto mengatakan, hal ini merupakan angin segar bagi para WBP yang selama kurun waktu dua tahun belakangan ini tidak bisa di kunjungi secara langsung oleh keluarganya hanya dapat bertemu secara virtual akibat pandemi Covid-19.

ā€¯Akhirnya apa yang kita tunggu selama ini datang juga, mulai hari ini kunjungan secara langsung akan dibuka walaupun secara terbatas dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” ujar Herianto.

Lanjutnya, syarat untuk dilakukannya kunjungan tatap muka, keluarga WBP wajib menunjukan bukti vaksin berupa sertifikat vaksin tahap III dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi serta mematuhi Protokol kesehata.

Selain kedua syarat tersebut syarat lainnya adalah, setiap WBP hanya bisa dikunjungi sekali dalam seminggu, dan yang belum melakukan Vaksin ketiga dapat diganti dengan rapid/swab antigen dengan hasil negatif atau surat keterangan tidak dapat dapat menerima vaksin karna alasan kesehatan dari dokter instansi pemerintah,.

“Bagi WBP yang belum divaksin hanya dapat di kunjungi secara virtual, dan bagi tahanan hanya bisa di kunjungi setelah mendapatkan surat izin dari pihak yang menahan dan tetap sesuai dengan tata tertib dan waktu kunjungan yang berlaku,” jelas Karutan.

Sebagai bentuk penyambutan layanan tatap muka tersebut, Karutan beserta seluruh petugas telah menyiapkan layanan berupa ruang laktasi, jalur disabilitas dan ruang serta taman bermain anak.

“Saya berharap agar seluruh WBP tetap menjaga ketertiban dan keamanan didalam Rutan Unaaha,” tandasnya.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here