Jelang Hari Raya Qurban, Disnakeswan Pastikan Ternak di Konawe Aman dari PMK

0
195
Ketgam: Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe, Jumrin.

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022, sebagian umat muslim akan melaksanakan Qurban. Namun sebagian masyarakat khawatir dengan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi yang akhir-akhir ini menyerang ternak di beberapa negara termasuk Indonesia.

Akan tetapi, masyarakat yang berada di Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya di Kabupaten Konawe tidak perlu khawatir, karena saat ini seluruh hewan ternak yang berada di Konawe aman dari PMK.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Jumrin saat ditemui di ruangannya, (8/6).

Kata dia, pihaknya sampai saat ini belum menemukan ataupun mendapat laporan terkait gejala penyakit tersebut menyerang peternakan yang berada di wilayah Konawe.

Dan untuk mengantisipasi penyakit tersebut masuk ke wilayah Konawe, pihaknya sampai saat ini terus melakukan pemantauan di lapangan serta melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak secara rutin dan bahkan menjaga dengan ketat pendistribusian hewan ternak yang berasal dari luar daerah Konawe.

“Walaupun gejala PMK tidak ditemukan, tetapi penyakit seperti cacingan dan diare masih sering ditemukan namun itu kita masih bisa kendalikan,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here