Pemkab Konut Kembali Raih WTP Kelima Kalinya ,Kepala BKAD Sebut Kinerja Pimpinan Daerah Terbukti dan Terukur

0
302
Ketgam : Bupati Kabupaten Konawe Utara, H. Ruksamin kanan saat menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kelima kalinya dari BPK - RI

LINTASSULTRA.COM | KONUT – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara kembali mendapat predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di kantor perwakilan BPK RI.

WTP tersebut diterima langsung oleh Bupati dan wakil Bupati Konawe utara bersama Ketua DPRD beserta seluruh jajaran diantaranya Staf Ahli I, Inspektur, dan Sekretaris DPRD, pada senin (31/5/2022).

WTP kelima yang diterima berturut-turut tersebut diterima atas penilaian kriteria penerapan standar akuntansi pemerintahan, pengungkapan yang cukup, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal. Selain Pemda Konawe Utara, acara penyerahan juga menghadirkan beberapa Pemerintah Daerah lingkup Pemprov Sultra.

Ketgam : foto bersama seusai menerima predikat WTP

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Kuangan Aset Daerah (BKAD) Konut, Marthen Minggu mengatakan, perolehan WTP ke 5 kalinya merupakan catatan rekor baik kualitas, dan profesionlisme Bupati Ruksamin dalam memimpin.

“Artinya pimpinan di konut ini kinerjanya terukur dan terbukti . Sebab semua kebijakan ada pada pucuk pimpinan. Jika kita sebagai pimpinan OPD salah bertindak pasti semua rusak,”kata Marthen Minggu.

Mantan Penyuluh Pertanian Lapangan ini menyampaikan, pengelolaan keuangan daerah salah satu ujung tombak keberhasilan program yang dijalankan, dan kemajuan roda pemerintahan.

Kata Marthen, jika terjadi campur tangan atau interfensi kedalam maka dipastikan penggunaan anggaran tidak terarah, serta menjadi temuan.

Ketgam :Bupati Konawe Utara (kanan) foto bersama perwakilan BPK RI usai menerima Opini WTP

“ Sejak saya dipercayakan memimpin BKAD, Unsur pimpinan daerah tidak pernah melakukan interfensi keuangan, entah itu mau politik atau kekeluargaan. Biar sudah tidak beres administrasinya tetap harus di muluskan pencairan dananya, itu sama sekali tidak ada dan tidak pernah dilakukan oleh pimpinan daerah, semua berjalan maksimal .”katanya. .

Sementara itu Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin mengucapkan terimaksih kepada pihak BPK RI Perwakilan Sultra atas penyerahan opini WTP tersebut.

Kepala BKAD Konut Marthen Minggu

Sebagai pimpinan daerah dan mewakili masyarakat, dia menyambut gembira opini WTP dan menjadikan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan daerah.

“Hari ini di Kantor BPK Sultra kita (pemda Konut red ) kembali memperoleh predikat WTP yang kelima kalinya. Predikat WTP Ini Kita berikan untuk daerah dan masyarakat Konut ,”terangnya.

Kata mantan aktivis HMI UMI Makassar ini , sebagai pucuk pimpinan dirinya tak hanya mengurus soal roda pemerintahan saja, tapi juga daerah dan masyarakatnya.

Laporan : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here