Rusak Parah, Jalur Trans Latoma Terancam Lumpuh Total

0
1716

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Kondisi jalur trans Latoma, Kabupaten Konawe menuju Kecamatan Uesi Kabupaten Kolaka Timur, saat ini mengalami rusak parah akibat dilalui mobil yang memuat barang melebihi kapasitas yang ditentukan.

Selain jalan, bahkan terdapat satu jembatan di jalur tersebut mengalami rusak parah.

Kondisi jalan di Trans Latoma yang rusak parah.

Salah satu warga Desa Titiowa Kecamatan Latoma, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Risdjon mengatakan, dampak dari rusaknya jalan tersebut sangat dirasakan warga apa lagi jalan tersebut merupakan jalan penghubung yang dilalui ribuan Warga Kecamatan Latoma menuju Uesi.

Kata dia, dirinya memastikan, dalam waktu dekat, jalur tersebut sudah tidak dapat dilalui (Lumpuh Total), terlebih lagi jembatan penghubung yang dibangun Pemprov pada tahun 2021 di jalur tersebut mengalami rusak parah.

Ketgam: Risdjon Warga Desa Titiowa Kecamatan Latoma saat diwawancara.

“Saya baru saja dari sana dan saya melihat jembatan rusak parah. Bahkan di atas jembatan ada truk yang memuat komoditas hasil hutan berupa Rotan,” jelas Risdjon, Senin (23/5/2022).

Ia berharap kepada pihak perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara untuk menindak lanjuti keluhan warga karena jalan tersebut sudah tidak dapat dilewati kendaraan roda empat.

“Dan ini harus segera di respon, karna cuma jalan itu yang menjadi penghubung ke Koltim, bahkan warga Koltim kalau mau ke unaaha juga menggunakan jalur tersebut,” tegasnya.

 

Terkait mobil yang mengangkut barang melebihi kapasitas, Risdjon yang merupakan Aktifis senior tersebut mengungkapkan jika kebanyakan penyebab dari rusaknya jalur trans Latoma diduga mobil bermuatan kayu ilegal (Ilegal Loging), dan hasil hutan lainnya berupa Rotan.

“Saya berharap kepada instansi yang berwenang agar segera menindak lanjuti perkara ini,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, agar pihak-pihak yang mengerjakan pekerjaan jalan nantinya mengerjakan sesuai dengan standarisasi kualitas jalan.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here