Mega Industri di Routa Bakal Serap Belasan Ribu Tenaga Kerja Lokal

0
475

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Industri Pembuatan Lithium yang letaknya di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe digadang-gadang sebagai perusahaan besar selain di kawasan mega industri Morosi. Rencana itu diyakini akan mulai terwujud tahun ini.

Optimisme itu disampaikan langsung Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK). Ia yakin Routa akan menyusul Morosi sebagai kawasan mega industri.

Menurut KSK, pembangunan pabrik di kawasan industri nikel tersebut sudah akan dimulai tahun ini. Pihak perusahaan tengah mempersiapkan perizinannya.

“Kita doakan tahun ini groundbreaking-nya (seremoni tanda dimulainya proyek, red),” kata KSK pada sebuah kesempatan belum lama ini.

Ia menuturkan, pabrik ini dibangun tidak hanya mengelola bahan baku nikel. Akan tetapi juga membuat produk Lithium (baterai untuk kendaraan listrik, red). Sehingga, dalam beberapa tahun ke depannya, kawasan tersebut bakal menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan bahkan lebih spesifik menyebutkan kalau mega industri tersebut bakal menyerap hingga 16 ribu pekerja. Hal itu belum terhitung pekerja dari perusahaan lain yang join dengan pengelolan mega industri.

Untuk saat ini kata Ferdinan, perusahaan tersebut telah mempekerjakan sekira 2 ribu karyawan. Sebagian besar dari karyawan yang ada saat ini masih kata Ferdinand merupakan karyawan lokal atau masyarakat Routa. Begitu juga ke depannya, penerimaan tenaga kerja lokal menjadi skala prioritas.

“Sekarang itu sudah ada dua ribu yang kerja di sana. Dan saya yakin lebih dari lima puluh persennya itu adalah masyarakat Routa. Dan penerimaan karyawan di sana masih akan terus berkembang,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here