Cegah Penyebaran Virus PMK, Disnakan Keswan Imbau Peternak Jangan Panik

0
335

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi yang mulai timbul saat ini banyak meresahkan warga Indonesia, khususnya di Konawe.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakan Keswan) Jumrin yang didampingi Drh. Junaidi mengatakan, sejak dimulainya program sejuta ekor sapi yang digagas oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK), pihaknya telah mengantisipasi penyebaran virus PMK maupun penyakit pada ternak.

“Semua sudah dipersiapkan, mulai dari cara peningkatan populasi, pencegahan serta menanggulangi penyakit ternak,” ujar Jumrin saat ditemui awak media di ruangannya, Kamis (19/5/2022).

Terkait PMK pada ternak, lanjut Jumrin, pihaknya akan menindak lanjuti informasi yang telah beredar, dirinya akan mengumpulkan seluruh stafnya untuk memberikan informasi mengenai bahaya PMK tersebut.

“Kami akan informasikan, penyakit ini mungkin ada di daerah lain, tapi kita di Konawe belum ada kasus sama sekali,” bebernya.

Ia juga berharap agar seluruh peternak di Konawe tidak perlu khawatir atau panik, karena virus PMK maupun penyakit hewan lainnya dapat di cegah dengan cara merawat kebersihan lingkungan tempat pemeliharaan hewan, menyemprotkan disinfektan, pemberian pakan teratur.

“Kami akan turun ke lapangan untuk mensosialisasikan dengan pemerintah setempat baik camat ataupun desa terkait penanggulangan penyebaran virus PMK tersebut,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, kedepannya, kami akan berusaha menambah pengadaan disinfektan. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here