Pemdes Linonggasai Sambut Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konawe

0
524

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melakukan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten di Desa Linonggasai, Kecamatan Wonggeduku Barat (Wobar).

Pemerintah Desa (Pemdes) Linonggasai menyambut secara meriah kedatangan Tim Penilai lomba desa yang akan menilai seluruh kegiatan desa, program desa dan kelurahan tangguh ekonomi masyarakat tumbuh pada, Selasa (17/5/2022)..

Dalam penilaian tersebut, ketua Tim Penilai Lomba Desa tingkat Keny Yuga Permana didampingi Camat Wobar Abdul Hasim, Perwakilan Danramil Wawotobi, Kapolsek Wobar Jusriadi dan Kapala Desa Linonggasai L. Tuduan hadir dan memantau langsung penilaian tersebut.

Penyambutan Tim Penilai lomba dilaksanakan secara meriah, bahkan ketua tim penilai lomba di arak-arak dengan menaiki Sisingaan, kemudian di sambut dengan tari asal Bali yaitu Tari Panyem brahma. Selanjutnya sebelum memasuki balai Desa Linonggasai, Tim juga digunakan tari Pagellu yang berasal dari Toraja.

Sebelum dilaksanakan acara inti, Ketua adat Desa Linonggasai prosesi adat yaitu Mombesara. Dan selanjutnya, Kades Linonggasai menyampaikan laporan terkait perkembangan di desa yang dipimpinnya.

Dalam sambutannya, Kades Linonggasai L. Tuduan menyampaikan program yang saat ini ia jalankan yakni sistem pelaksanaan Pemdes yang dibantu oleh aparat desa untuk mendapat kepercayaan terhadap masyarakat.

Selanjutnya, penggunaan Dana Desa (DD) dan pengelolaannya dilakukan secara transparan serta melibatkan masyarakat. Kemudian berupaya meningkatkan pembangunan pendidikan anak di usia dini.

Kemudian, peningkatan sumber data manusia, desa wisata ikan air tawar, peningkatan industri Tahu dan Tempe, Inovasi Pengusaha Pembenihan ikan air tawar, dan inovasi pembuatan pakan ikan air tawar.

Usai dilakukan penyambutan, selanjutnya dilakukan penyerahan Piagam penghargaan kepada Kepala Desa Linonggasai yang dilakukan oleh Kadis DPMD.

Perlu diketahui, Tim Penilai lomba desa ini terdiri dari beberapa instansi yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol Damkar) dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Konawe. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here