Kembali Lakukan Safari Ramadhan, Pemkab Konut Imbau Warga agar Tetap Jaga Keamanan di Bulan Suci Ramadhan

0
265

LINTASSULTRA.COM | KONUT – Tim Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan shalat tarawih di Masjid Nurul Falah Kelurahan Sawa, Kecamatan Sawa, Kamis (21/04/2022).

Sebelum pelaksanaan shalat tarawih, Tim Safari Pemkab Konut menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa 14 paket sembako yang terdiri dari beras sebanyaj 10 Kg, 1 pack mie instan, gula pasir dan minyak goreng yang terbuat dari kelapa tua asli buatan masyarakat konut yang dilabeli merk Konasara.

Tim Safari Ramadhan Pemkab Konut yang dipimpin Bupati Konut Ruksamin melalui Asisten III Sekretariat Daerah Konut, Drs.La Ondjo ,M.Si dan diikuti oleh Beberapa OPD, Anggota DPRD Konut serta dihadiri oleh Camat Sawa dan jajarannya, Kades se-Kecamatan Sawa serta warga masyarakat setempat.

“Meskipun jumlah bantuan mungkin kecil, namun ini adalah salah satu bukti kepedulian pemerintah daerah terhadap kebutuhan pangan kepada masyarakat,” kata La Onjo sebelum dilakukan acara buka puasa bersama yang bertempat di Rumah Jabatan Camat Sawa.

Tim safari Ramadhan selanjutnya melakukan shalat magrib dan kemudian Shalat Isya.

Bupati Konut melalui Asisten III dalam ceramah usai shalat tarawih menegaskan, setiap momentum menjelang akhir bulan suci Ramadhan, masyarakat dihimbau untuk selalu menjaga keutuhan antar warga serta saling menjaga keamanan bersama.

“Setidaknya kita semua dapat menjaga keamanan dan kenyamanan dilingkungan kita sendiri termasuk jangan melakukan hal-hal yang dapat mengganggu aktivitas ibadah kita yaitu seperti membakar petasan yang bisa mengganggu pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan yang berkah ini,” kata La Ondjo.

Sementara itu, Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) Konawe Utara , Drs. H.Muhamad Yusuf, dalam ceramah islamiah mengatakan umat yang mengucapkan Kata Alhamdulillah merupakan ungkapan syukur terhadap kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Di bulan suci Ramadhan adalah bulan yang baik untuk kita senantiasa berbuat baik. Dan perbuatan dosa, dapat kita balas dengan perbuatan yang baik. Contoh buruk salah satunya adalah melihat hal-hal yang buruk di handphone yang muncul di media sosial,” ujar Muhamad Yusuf.

Lanjutnya, kita harus senantiasa menjalin hubungan yang baik kepada sesama manusia. Contohnya kita menjalin hubungan yang baik dengan tetangga bukan sebaliknya memutuskan silaturahmi,” tuturnya.

” Ketiga itu dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu Wataala di bulan suci Ramadhan,” lanjut Kandepag Konut di hadapan para jamaah.

Tambahnya, ada juga yang wajib untuk dilaksanakan adalah menunaikan zakat fitrah di akhir bulan Suci Ramadhan. Dan Zakat Fitrah bahagian kewajiban umat Islam untuk laksanakan. (Red/Ls).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here