Ini Fungsi Dari Resistance Band yang Wajib Diketahui

0
92
Sumber : https://www.pexels.com/photo/women-wearing-white-sneakers-6516215/

LINTASSULTRA.COM | Ingin tahu apa fungsi resistance band yang biasa dipakai untuk latihan olahraga? Anda mungkin saja memiliki mobilitas tinggi dan tengah mencari solusi latihan olahraga simpel. Atau mungkin juga Anda ingin latihan tanpa banyak budget yang bisa dilakukan di mana saja.

Solusinya, Anda bisa memilih latihan dengan menggunakan resistance band atau karet fitness. Resistance band adalah karet elastis yang terbuat dari bahan karet atau lateks dan biasa dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga.

Resistance band sendiri bersifat portabel dan menjadikan aktivitas fitness lebih praktis. Sehingga alat ini mudah untuk dibawa ke manapun. Alat olahraga yang satu ini bobotnya sangat ringan dan mudah untuk disimpan di tas, ransel, dompet, hingga koper Anda.

Dengan tampilannya yang sangat praktis, wajar bila Anda bisa latihan di mana pun dan kapan pun. Di samping itu, ada banyak manfaat lain dari penggunaan alat olahraga tersebut.

Kenali Banyaknya Manfaat dari Resistance Band

Sebagai alternatif alat olahraga yang simpel dan praktis, ada banyak manfaat resistance band yang perlu Anda tahu.

1. Menjadikan Tubuh lebih Fleksibel

Mungkin belum Anda tahu sebelumnya, bahwa menggunakan resistance band dapat melatih fleksibilitas tubuh. Mulai dari aktivitas peregangan pasca latihan, hingga latihan mobilitas tubuh setelah latihan.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan semua jenis karet elastis tersebut. Perlu Anda tahu bahwa ketika melakukan peregangan, seringkali tubuh dibatasi oleh rentang gerak dan juga fleksibilitasnya.

Alhasil, mungkin saja Anda memerlukan tekanan pada otot supaya pergerakan lebih optimal. Inilah yang menjadi alasan mengapa kita seringkali membutuhkan orang lain untuk melakukan peregangan tersebut.

Namun dengan resistance band, Anda tidak perlu lagi tekanan seperti ini. Anda dapat melakukan peregangan, memperluas jangkauan gerak, hingga memberikan tekanan cukup dengan alat olahraga ini.

2. Melatih Otot Tubuh

Seringkali kita melihat, ada banyak aktivitas olahraga yang menggunakan karet elastis ini. Mengingat penggunaannya dapat melatih otot agar lebih kuat. Namun bagi Anda yang menginginkan manfaat ini, penting untuk memilih jenis yang tepat.

Pilihan jenis resistance band yang tepat adalah yang berukuran lebar dan berbahan tebal. Pasalnya jenis ini cenderung lebih sulit untuk diregangkan. Oleh karena itu, Anda harus mengeluarkan kekuatan yang ekstra untuk latihan.

Sedangkan bila ingin meregangkan otot-otot kecil, maka jenis karet band yang tipis dan ringan bisa Anda pilih. Misalkan saja seperti otot trisep, bisep, serta otot punggung.

3. Sebagai Killer Supersets

Fungsi resistance band selanjutnya, yakni sebagai killer supersets. Melalui alat ini, Anda dapat menjadikan latihan olahraga terasa lebih sulit meski tanpa melakukan penambahan berat. Caranya cukup dengan menggabungkan superset atau melakukan perpindahan dari satu latihan ke latihan selanjutnya tanpa melalui tahap istirahat.

Latihan otot yang sama dan berurutan melalui superset, cukup efektif dalam melakukan gerakan otot terlebih dulu lalu membuatnya bekerja ekstra. Nah, bila peralatan olahraga di rumah anda terbatas, maka menggunakan resistance band bisa menjadi pilihan.

4. Gerakan Olahraga lebih Bervariasi

Karet fitness ini memiliki manfaat yang serbaguna dalam dunia olahraga. Seperti kita tahu bahwa penggunaan dambel maupun barbel mampu memberikan daya angkat yang cukup berat. Hanya saja, keduanya tidak memiliki manfaat yang serbaguna seperti alat yang satu ini.

Manfaat yang dimaksud adalah memudahkan Anda dalam melakukan berbagai variasi gerakan hanya dengan satu alat. Misalkan saja seperti resisted booty bridge, perky cheeks deadlift, hingga kick butt extension. Bahkan gerakan-gerakan yang paling umum seperti side step squat juga dapat Anda lakukan.

5. Penggunaannya Minim Cedera

Melakukan aktivitas olahraga menggunakan peralatan seringkali berpotensi menimbulkan cedera bila Anda tidak berhati-hati. Namun tidak demikian jika menggunakan resistance band.

Hal ini karena bobotnya yang tidak terlalu berat, sehingga risiko cedera yang mungkin terjadi cenderung cukup minim. Selain itu, untuk kecepatan latihan Anda pun bisa menyesuaikannya dengan kemampuan dan kondisi fisik.

6. Meningkatkan Fokus

Mungkin Anda bertanya-tanya apa hubungan penggunaan karet elastis tersebut dengan fokus yang lebih baik. Perlu diketahui bahwa ketika menggunakan tali elastis ini, maka Anda diharuskan untuk berkonsentrasi.

Tujuannya adalah supaya tali resistance band tersebut tepat terkait pada tubuh dan tidak gampang terlepas. Dalam hal ini, Anda harus berupaya untuk latihan olahraga, sekaligus mempertahankan keseimbangan tubuh.

Mempertahankan fokus penggunaannya, juga memungkinkan latihan Anda menjadi lebih optimal. Inilah kegunaan lain dari resistance band yang mungkin belum Anda pahami.

7. Olahraga Hemat Biaya

Fungsi selanjutnya yakni sebagai sarana latihan olahraga yang hemat biaya. Pasalnya, Anda tidak perlu membayar biaya untuk pergi ke gym. Anda cukup membelinya sendiri untuk digunakan di rumah kapan saja Anda mau.

Tak perlu khawatir, harganya pun cukup terjangkau bila dibandingkan dengan peralatan beban lain untuk olahraga. Seperti halnya alat pengangkat beban dumbel maupun barbel, di mana harganya cenderung lebih mahal dan disesuaikan dengan beban.

Namun perlu diingat, Anda harus memilih tempat yang terpercaya yang menyediakan peralatan olahraga seperti resistance band ini. Blibli adalah marketplace rekomendasi yang menyediakan berbagai produk peralatan olahraga lengkap. Tak terkecuali untuk karet fitness ini. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis karet fitnes berbagai ukuran dan berbagai ketebalan bahan, untuk fungsi resistance band yang optimal.

Untuk produknya sendiri, ada banyak brand terkenal juga tersedia. Salah satunya adalah produk Skechers yang turut menghadirkan produk serupa. Nah, bagaimana? Mencari alternatif alat gym berkualitas? Blibli jawabannya! Jadi, kapan Anda akan belanja?

div id="a422e60213322845b85ae122de53269f">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here