Lunasi BLT dan Honor Para Kader, Pemdes Laloika juga Bakal Bagikan Hewan Ternak Pada Warganya

0
450
Ketgam: Kepala Desa Laloika, Wawan Setiawan

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Laloika, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe telah membayarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 81 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk tahap satu salur satu, dua, dan tiga, Senin (21/3/2022).

Setiap KPM menerima BLT sebesar Rp 900.000 untuk tiga bulannya, dan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 72.900.000.

Pemdes Laloika lebih memprioritaskan Lansia, Fakir, yatim piatu dan janda untuk menerima bantuan tersebut yang bersumber dari Pemerintah Pusat melalui Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022.

Selain BLT, Pemdes Laloika juga telah membayarkan honor Kader Posyandu yang berjumlah 15 orang dan Kader keagamaan sebanyak 19 orang selama tiga bulannya. Adapun honor dari kedua kader tersebut masing-masing sebesar Rp 200.000 per bulannya.

“Selain Kader Posyandu dan Keagamaan, kami juga membayarkan Kader KPM selama tiga bulan dan honornya itu sebesar RP 300.000 per bulan,” kata Kepala Desa (Kades) Laloika, Wawan Setiawan.

Selain itu, lanjut Wawan, pihaknya juga menyiapkan makanan tambahan untuk mencegah stunting di Desa Laloika.

“Anggaran pembelian makanan tambahan itu sebesar Rp 250.000,” jelas Kades Laloika, Kamis (7/4/2022).

Terkait penanggulangan Covid-19, Pemdes Laloika telah melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga. Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah membayarkan honor tim Covid-19 selama tiga bulan.

“Tim penanggulangan Covid-19 di Desa Laloika itu berjumlah 16 orang, dan honor yang kami bayarkan itu Rp 100.000 per orang,” tutur Wawan.

Perlu diketahui, Pemdes Laloika saat ini menjalankan program Ketahanan Pangan dan Hewani yakni menyiapkan hewan ternak untuk warga berupa kambing.

“Kami mengadakan ternak kambing sebesar 29 ekor, dan saat ini masih sementara menunggu dari pihak penakaran untuk diantarkan di desa kami,” tandas Wawan. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here