Lanjutan Operasi Keselamatan Anoa 2022, Satlantas Polres Butur Amankan 33 Kendaraan

0
427

LINTASSULTRA.COM | BUTUR – Sedikitnya 33 kendaraan bermotor roda dua dan empat berhasil diamankan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Buton Utara (Butur) dalam operasi keselamatan anoa 2022.

Operasi itu telah berlangsung selama sembilan hari. Berdasarkan data yang dihimpun media online Lintassultra.com, rincian kendaraan yang diamankan terdiri dari 30 unit kendaraan roda dua dan tiga unit kendaraan roda empat.

Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Butur, AKP Andi Udin Palisuri, S.H, M.M saat ditemui di lapangan mengatakan, operasi tersebut dimulai dari dalam kota Ereke. Setelah itu dilanjutkan pada wilayah strategis lainnya yang ramai dilalui kendaraan bermotor.

“Untuk penertiban lalu lintas di Kabupaten Butur akan diupayakan terlebih dulu di dalam kota,”tegas Andi Udin.

Menurut Kasat, setelah selesai dalam kota Ereke akan dilanjutkan ke poros Labuan dan sekitarnya. Khusus di luar kota, sasarannya adalah kendaraan roda empat yang muatanya melebihi kapasitas.

“Tempat dan sasarannya jelas yakni diseluruh wilayah Butur, dan sasarannya untuk menghindari adanya Odol (over dimension over loading) terhadap kendaraan roda empat dan enam yang mengangkut barang,” tambah Kasat.

Lebih jauh Andi Udin mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan setempat mengagendakan juga untuk melakukan pembinaan terhadap keselamatan para pengendara, seperti pengendara yang tidak memakai helm dan yang masih di bawah umur. “Insya Allah kami selalu dan akan berusaha untuk berbuat yang terbaik demi terciptanya kelancaran berlalulintas di Butur ini,” terangnya.

Bagi pengendara yang melakukn pelanggaran, pihaknya akan memberikan penindakan tegas berupa penilangan sehingga ada efek jera bagi yang tidak memiliki SIM, STNK dan helm.

Alasan dan dasar hukumnya sangat jelas yakni, di dalam undang-undang lalu lintas itu diuraikan bahwa bagi yang melintas di jalan raya wajib melengkapi sesuatunya sebelum berjalan. Diantaranya adalah SIM, STNK dan helm.

Bagi masyarakat di wilayah hukum Polres Butur perlu mengetahui bahwa operasi keselamatan anoa yang digelar Satlantas tersebut dilakukan selama dua minggu yakni (1 – 14 /Maret 2022. (Red/ton).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here