Ketua DPRD Buton Utara Berganti

0
376

LINTASSULTRA.COM | BUTUR – Isu pergantian Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya terwujud.

Pasalnya, H.Muh. Rukman Basri Zakariah, SE., yang merupakan Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Butur, resmi menjadi Ketua DPRD menggantikan Diwan, S.Pd yang juga anggota PAN.

Pergantian pimpinan DPRD Butur itu dilakukan dalam rapat paripurna yang ditandai dengan pengesahan nama pimpinan DPRD yang baru pada Selasa (8/3/2022). Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh tiga belas anggota DPRD, termasuk unsur pimpinan dan kelengkapan dewan lainnya.

Sekretaris DPRD Butur, Abdul Rachmat dalam keterangan persnya mengatakan, dengan selesainya pengesahan melalui rapat paripurna itu, maka selesailah seluruh rangkaian proses penetapan ketua pada tingkat DPRD.

Selanjutnya kata dia, proses segera diserahkan ke gubernur melalui Bupati Butur untuk ditindaklanjuti.

Adapun berkas hasil paripurna yang akan diserahkan ke bupati untuk diteruskan ke gubernur adalah dokumen-dokumen, mulai dari rapat pimpinan, rapat Bamus termasuk rapat paripurna.

“Kita upayakan besok (9/3) sudah sampai di mejanya bupati untuk diteruskan ke gubernur,” ujar Abdul Rachmat saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua PAN Butur, Jumsir Lambau menyatakan, setelah disahkannya oleh pihak DPRD, tinggal proses penerbitan Surat Keputusan (SK) dari gubernur, setelah itu dilakukan pelantikan.

Informasi sebelumnya menyebutkan bahwa Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN telah mengeluarkan SK tentang Penggantian Antar Waktu (PAW) pimpinan DPRD Kabupaten Butur dari fraksi PAN.

Dari SK yang dikeluarkan DPP PAN itu diuraikan, Ketua DPRD Kabupaten Butur, Diwan digantikan oleh Muh. Rukman Basri Zakariah yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PAN Butur.

SK PAW dari DPP PAN itu bernomor PAN/A/KPTS/KU-SJ/597/XII/2021 tentang pergantian antar waktu Pimpinan DPRD Kabupaten Buton Utara dari Fraksi PAN sisa masa jabatan atau periode 2019-2024.(Red/ton).

div id="a422e60213322845b85ae122de53269f">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here