Pengolah Bank Sampah di Pudai Buat Batako dan Paving Block Berbahan Dasar Plastik Bekas

0
283

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe tak henti-hentinya berupaya membuka kesadaran masyarakat dalam manfaat limbah atau sampah rumah tangga.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Konawe pada tahun 2020 telah membuat program pengolah bank sampah agar limbah atau sampah rumah tangga dapat di kelola atau dimanfaatkan secara maksimal.

Kepala DLH Herianto Wahab mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan pengolahan bank sampah yang berada hampir di setiap kecamatan di Kabupaten Konawe.

Para pengolah bank sampah yang terdiri dari sekelompok masyarakat yang bekerjasama untuk mendaur ulang sampah – sampah yang berada di Konawe sehingga dapat di jual kembali.

“Setiap anggota kelompok pengolahan bank sampah, disitu ada pengumpul, pemilah, dan pembeli. Jadi setiap masyarakat yang mengumpulkan sampah-sampah mereka seperti plastik dan barang-barang bekas lain yang layak di olah akan dibeli oleh pengumpul melalui kelompok atau pengolah bank sampah,” ujar Herianto saat diwawancara media ini usai upacara peringatan HUT Konawe yang ke-62, Rabu 2 Maret 2022.

Lanjutnya, bahkan sekarang ini sudah ada produksi daur ulang sampah di daerah Pudai. Mereka membuat batako dan paving block dengan bahan dasar sampah plastik yang telah di kumpulkan dan di daur ulang.

“Hasil produksi mereka sudah ada yang di kirim keluar daerah,” ungkap Herianto.

“Program bank sampah ini telah berjalan selama dua tahun. Kami membuat program ini agar masyarakat tidak lagi membuang sampah mereka, melainkan memanfaatkannya,” tutup Herianto. (Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here