Mentan RI Bakal Hadiri Panen Padi IP 300 di Mekar Sari

0
565
Ketgam: Gunawan Samad

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Panen perdana padi Indeks Penanaman (IP) 300 yang akan digelar pada akhir Maret 2022 di wilayah Kecamatan
Tongauna, tepatnya di Kelurahan Mekar Sari Rencananya bakal dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo.

IP 300 adalah salah satu program tiga kali panen dalam setahun yang telah berjalan sejak tahun 2020.

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Konawe, Gunawan Samad menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) saat ini tengah melakukan persiapan sebelum mengundang Mentan RI.

Persiapan yang dilakukan yakni penyusunan proposal bersama instansi terkait yang menangani program prioritas berkaitan dengan sektor perikanan, peternakan dan ketahanan pangan.

“Kita sudah membuat surat untuk disampaikan ke Kementerian Pertanian. Kurang lebih itu poinnya bahwa kita minta kesediaan Bapak Menteri untuk melakukan panen padi pada akhir Maret mendatang,” jelas Gunawan saat ditemui dikantornya, Selasa (14/2/2022).

Mantan Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Konawe tersebut menambahkan, d
selain melakukan panen padi di lokasi persawahan IP 300 di kelurahan Mekar Sari, Mentan RI juga dijadwalkan untuk melakukan panen anakan sapi (Pedet) serta perikanan air tawar di wilayah setempat. Termasuk, membuka secara resmi pameran pangan yang rencananya digelar di kantor Pemkab Konawe.

“Dalam waktu dekat kita akan konsultasi langsung ke Jakarta. Kita juga sudah dapat arahan dari Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe terkait langkah-langkah apa yang perlu kita lakukan dalam waktu dekat ini. Kami diminta mematangkan konsep, apalagi yang hadiri adalah tokoh nasional,” tutupnya.(Red/Inal).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here