Serahkan DIPA dan TKDD, Gubernur Sultra Puji Pemkab Konut

0
382

LINTASSULTRA.COM | KONUT – Bupati Konawe Utara (Konut) menerima daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA), Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2022 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam penerimaan DIPA dan TKDD, Ruksamin didampingi Ketua DPRD Konut Ikbar, Asisten III ADM Umum La Ondjo, di salah satu hotel ternama di Kota Kendari dan disaksikan langsung oleh seluruh Perwakilan Kementrian, Lembaga, TNI, Polri serta Kepala Daerah di wilayah Sultra pada, Senin (13/12/2021).

DIPA dan TKDD merupakan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang menjadi acuan seluruh Kementrian maupun Lembaga serta para kepala daerah dalam melaksanakan program pembangunan Pemerintah untuk mencapai visi misi Presiden.

Dalam sambutannya, Gubernur Sutra Alimazi menyampaikan poin penting terkait realisasi DIPA dan TKDD yakni melajutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan.

Selain itu, poin kedua yaitu menjaga kelanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat yang kurang mampu dan rentan.

Sedangkan poin selanjutnya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Dan untuk poin terakhir adalah melanjutkan pembangunan infrastruktur, dan penguatan desentralisasi fisikal untuk meningkatkan dan pemerataan kesejahteraan rakyat, serta reformasi penganggaran dengan menerapkan zero base budgeting agar belanja lebih efisien.

Selain menjelaskan poin-poin penting DIPA dan TKDD, Ali mazi juga mengapresiasi Pemkab Konut karena berada di urutan ke dua dari Kabupaten dan Kota se-Sultra terhadap capaian realisasi ABPD yakni dengan capaian 81.17 persen.

Tak hanya itu, Ali Mazi juga memuji Pemkab Konut atas capaian Vaksinasi Covid-19 yang berada di 60 persen, sehingga Konut berada diurutan ke dua Kabupaten dan Kota di Sultra.

“Capaian vaksinasi Konut sudah 60 persen, muda- mudahan Kabupaten lain juga dapat meningkatkan vaksinasi Covid-19,” Turur Ali Mazi.

Perlu diketahui, DIPA dan TKDD Konut Tahun 2022 sebesar 0.827 Triliun, untuk Sultra sebesar 22.12 Triliun.(Red/LS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here