Warga Binaan Rutan Unaaha Ikuti Pelatihan Bekam dan Pengobatan Islami

0
46

LINTASSULTRA.COM | KONAWE – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha bekerjasama dengan Rumah Rehab Hati menyelenggarakan kegiatan pelatihan ‘Thibbun Nabawi dan Bekam’ kepada para Warga Binaan Rutan (WBP) Unaaha, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan tersebut akan berlangsung si Mesjid At-Muhajirin selama dua hari yang dimulai dari 18 hingga 19 November 2021 dan diikuti sekitar 50 peserta WBP.

Pelatihan Thibbun Nabawi merupakan pelatihan metode pengobatan yang menggabungkan antara bekam, akupuntur, dan herbal. Dikatakan, metode pengobatan tersebut merupakan sunnah yang masih jarang diterapkan di lingkungan masyarakat.

Pada pelatihan tersebut, Ustad Abud Abid yang bertindak sebagai trainer memaparkan tentang Thibbun Nabawi dan teknik bekam serta herbal. Setelah pemaparan, peserta pelatihan langsung mengaplikasikan teknik bekam yang dilakukan secara berpasangan dengan didampingi trainer dan asisten trainer.

Kepala Rutan (Karutan) Unaaha Herianto menyampaikan, ini dilakukan sebagai upaya memberikan keterampilan bagi WBP, selain kegiatan reguler yang dilakukan terkait pembinaan spiritual bagi para binaan yang rutin dilaksanakan di Rutan Unaaha.

“Semoga pelatihan ini bermanfaat dan berguna untuk memberikan manfaat bagi orang lain setelah keluar dari lapas,” ungkap Herianto.

Sementara itu, salah satu warga binaan yang mengikuti kegiatan “Thibbun Nabawi dan Bekam” Syamsir, merasa bersyukur karena telah diajarkan langsung metode terapi kesehatan.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali. Selama ini kita hanya dengar saja soal bekam. Tetapi tidak tahu barangnya kayak apa. Sekarang Alhamdulillah bisa tahu bekam. Minimal ilmunya bisa dipakai buat bekam sesama warga binaan, dan mudah-mudahan terpakai juga nanti ketika sudah bebas,” tutupnya.(Red/Inal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here